Delegasi Ghana Pelajari Sistem dan Pengalaman Imunisasi Indonesia

- 17 Mei 2023, 07:50 WIB
 imunisasi
imunisasi /Portal Bandug Timur/may nurohman/

RINGTIMES BALI- Delegasi Republik Ghana, Afrika Barat, dalam study visit ke Indonesia, mempelajari bagaimana sistem dan pengalaman Indonesia dalam melaksanakan program imunisasi.

Direktur Jenderal Pencegahan dan Pengendalian Penyakit Kementerian Kesehatan (Kemenkes) RI Maxi Rein Rondonuwu mengatakan bahwa kunjungan ini selain untuk belajar, juga untuk penjajakan kerja sama, khususnya dalam bidang kesehatan.

“Terimakasih telah memilih Indonesia sebagai negara yang dikunjungi untuk study visit. Kami sangat senang dan menyambut baik kunjungan kerja dari negara sahabat, Ghana,” ucap Maxi, dikutip dari Antara, Selasa 16 Mei 2023.

Kunjungan tersebut diketahui sebagai bagian dari Program International Study Tour to Health Institutions of Excellence in Immunization, yang sudah dimulai sejak 15 Mei 2023.

Menurut Maxi, Indonesia dipilih sebagai negara tujuan study visit, karena merupakan salah satu negara yang sukses menjalankan program imunisasi nasional, bahkan di tengah situasi pandemi COVID-19 sekalipun.

Baca Juga: Jepang Akan Resmi Menyatakan COVID-19 Sebagai Flu Biasa Pada 8 Mei Mendatang

Adapun indikasi keberhasilan dilihat dari cakupan Imunisasi Dasar Lengkap (IDL) pada tahun 2022 yang mencapai 4.119.629, yang meningkat signifikan dari dua tahun sebelumnya. Melalui capaian ini membuat sistem imunisasi di Indonesia dinilai sukses.

Pada saat yang bersamaan, Indonesia juga dinilai berhasil dalam pelaksanaan vaksin COVID-19, yang mencapai angka 92 persen, dari total keseluruhan populasi.

Melalui keberhasilan vaksin ini, tingkat kekebalan masyarakat Indonesia terhadap virus corona, mencapai angka 99 persen.

Halaman:

Editor: Dian Effendi

Sumber: ANTARA


Tags

Artikel Pilihan

Terkait

Terkini

Terpopuler

Kabar Daerah

x