Serangkaian Hut Bangli ke-819, Bupati Sedana Arta Buka Kontes Nasional Anjing Kintamani

- 6 Mei 2023, 20:38 WIB
Serangkaian Hut Bangli ke-819, Bupati Sedana Arta Buka Kontes Nasional Anjing Kintamani
Serangkaian Hut Bangli ke-819, Bupati Sedana Arta Buka Kontes Nasional Anjing Kintamani /RINGTIMES BALI/I Gede Sarjana

RINGTIMES BALI- Pemerintah Kabupaten Bangli melalui Dinas Pertanian Ketahanan Pangan dan Perikanan mengadakan Kontes Anjing Kintamani serangkaian Hut Bangli yang ke 819.

Kontes Anjing Kintamani secara  langsung dibuka oleh Bupati Bangli, Sang Nyoman Sedana Arta pada hari, Sabtu 6 Mei 2023 di Alun-Alun Kota Bangli.

Kadis Pertanian Ketahanan Pangan dan Perikanan Kabupaten Bangli, I Wayan Sarma menjelaskan, keberadaan anjing Kintamani merupakan salah satu unsur Biodeversity yang menjadi salah satu pendukung dari Batur Unesco Global Geopark Network.

Trah anjing Kintamani telah  mendapat pengakuan sebagai anjing Ras Dunia dari Federation Cynecologue International (FCI) yaitu Organisasi Internasional yang membawahi Induk Organisasi Anjing Trah seluruh dunia yang bermarkas di Thuin Belgia. 

"Untuk itu Anjing Kintamani sudah bisa disejajarkan dengan trah anjing yang lain, seperti Buldog, Pitbull, Shithzu, Siberian Husky, Dalmention dan Cihuahua,” ucapnya.

Pemerintah Kabupaten Bangli juga telah memberikan perhatian besar  terhadap keberadaan anjing Kintamani ini, dengan ditetapkannya Peraturan Daerah Kabupaten Bangli Nomor 04 Tahun 2015, tentang kawasan pemurnian Anjing Kintamani Bali.

"Dimana Desa Sukawana, Desa Siakin dan Desa Pinggan ditetapkan sebagai desa kawasan pelestarian,” terang Sarma, Sabtu 6 Mei 2023.

Lebih lanjut dikatakan, dengan diselenggarakannya kontes kali ini juga merupakan wujud nyata perhatian Pemerintah terhadap pelestarian Anjing Kintamani.

Kontes anjing kintamani digelar setiap tahun, dilakukan terakhir tahun 2022 dan kontes hari ini merupakan kontes ketiga dalam kepemimpinan Bangli Era Baru.

Halaman:

Editor: Dian Effendi


Tags

Artikel Pilihan

Terkait

Terkini

Terpopuler

Kabar Daerah

x