Cabai Rawit Sumbang Inflasi Terbesar di Denpasar dan Singaraja, BPS Bali Berikan Sinyal ke TPID

- 3 April 2023, 17:33 WIB
Kepala BPS Provinsi Bali Hanif Yahya sebut komoditas cabai rawit menjadi penyumbang terbesar inflasi gabungan Kota Denpasar dan Singaraja selama Maret 2023.
Kepala BPS Provinsi Bali Hanif Yahya sebut komoditas cabai rawit menjadi penyumbang terbesar inflasi gabungan Kota Denpasar dan Singaraja selama Maret 2023. /Ringtimes Bali/Ni Made Ari Rismaya Dewi/

RINGTIMES BALI - Badan Pusat Statistik (BPS) Provinsi Bali catat komoditas cabai rawit menjadi penyumbang terbesar inflasi gabungan Kota Denpasar dan Singaraja selama Maret 2023.

Kepala BPS Provinsi Bali Hanif Yahya menyebutkan komoditas cabai rawit menyumbang inflasi sebesar 0,076 persen month to month (mtm) persen. Diikuti cabai merah dengan 0,044 persen, bensin 0,029, beras 0,024 persen, dan tomat 0,020 persen.

Menanggapi kondisi ini, BPS akan memberikan informasi kepada pemerintah daerah (pemda) terkait dengan komoditas yang diperkirakan akan menyumbang inflasi maupun deflasi.

Baca Juga: Tanggapan Polisi Terkait Unjuk Rasa Mahasiswa Papua di Unud

"Kita memberikan sinyal kepada pemerintah dan kepada Tim Pengendalian Inflasi Daerah (TPID) untuk bisa mengambil tindakan. Contohnya cabai rawit yang mengalami kenaikan dan menjadi penyumbang inflasi terbesar di Denpasar maupun Singaraja," ujarnya pada Senin, 3 April 2023.

Dengan demikian, pemerintah dan TPID dapat melakukan antisipasi untuk komoditas-komoditas tersebut di bulan April 2023.

TPID nantinya dapat mengantisipasi suplai cabai rawit pada masyarakat selaku konsumen, sehingga harga komoditas bisa dikendalikan.

Baca Juga: Naik Sepeda Listrik di Pedestrian Pantai Sanur Dilarang, Pemilik Rental Terancam Tak Beroperasi Jika Bandel

"Jika harga-harga itu bisa dikendalikan, supply dari komoditas ataupun barang bisa dipenuhi. Saya rasa harga-harga ini bisa dikendalikan dan inflasi bisa dijaga," sambungnya.

Halaman:

Editor: Jero Kadek Wahyu Baratha


Tags

Artikel Pilihan

Terkait

Terkini

Terpopuler

Kabar Daerah

x