Ditengah Pemulihan Ekonomi, Pemilik Mebel Rumahan di Desa Tohpati Klungkung Tetap Berinovasi

- 2 April 2023, 17:27 WIB
Ditengah pemulihan ekonomi, pemilik mebel rumahan di Desa Tohpati Klungkung tetap berinovasi
Ditengah pemulihan ekonomi, pemilik mebel rumahan di Desa Tohpati Klungkung tetap berinovasi /Ringtimes Bali/I Gede Sarjana

RINGTIMES BALI - Situasi Ekonomi Indonesia khususnya di Pulau Bali masih dalam pemulihan, setelah dampak luas pandemi Covid 19 yang melanda Dunia.

Implikasi tersebut tentunya berdampak pada seluruh sektor kehidupan, tidak hanya bagi Pemerintah tetapi juga bagi pelaku usaha lainnya.

Seperti halnya pemilik mebel rumahan di Desa Tohpati Banjarangkan Klungkung, Bapak Ketut Adnyana saat ditemui di tengah kegiatannya mengatakan, saat ini ekonomi belum pulih masih beranjak pelan.

Baca Juga: 2,3 Ton Pupuk Kompos dari TOSS Disalurkan Bupati Klungkung Kepada Petani

Ketut Adnyana mengungkapkan bahwa sektor pariwisata memang mulai bangkit di Bali tetapi wisatawan sekarang tidak seperti dulu, imbasnya masih terasa, sehingga banyak usaha mebel baik rumahan (home industri) maupun toko mebel besar sepi peminat. 

"Kalau toko besar sih masih bisa menyetok, nah kalau seperti mebel saya ini tidak bisa, karena berdasarkan orderan (pesanan). Disamping itu kalau pakai sistem stok butuh modal besar, kalau seperti saya modalnya minim jadi tidak bisa menyetok. Syukur bisa muter modal, karena biaya perawatan, pembuatan, hingga finishing cukup menyedot modal," ungkap Adnyana.

Diketahui pemilik mebel rumahan ini menerima pesanan berupa, daun jendela, lemari, set meja kursi baik pribadi maupun sekolahan dan perkantoran serta orderan lainnya berbahan kayu.

Baca Juga: Diserang Spanduk Bernada Sindiran, Imigrasi Bali Pilih Beberkan Capaian Kinerja

Sedangkan jenis kayu yang digunakan cukup bervariasi mulai jati, kamper maupun kayu lokal tergantung permintaan karena menyesuaikan harga.

Halaman:

Editor: Jero Kadek Wahyu Baratha


Tags

Artikel Pilihan

Terkait

Terkini

Terpopuler

Kabar Daerah

x