Sosiolog Sebut Alasan Orang Pamer Kekayaan di Media Sosial

- 1 April 2023, 07:30 WIB
Ilustrasi Sosiolog sebut alasan seseorang pamer kekayaan di media sosial merupakan keinginan dari dalam diri untuk menunjukkan posisi kelas atas.
Ilustrasi Sosiolog sebut alasan seseorang pamer kekayaan di media sosial merupakan keinginan dari dalam diri untuk menunjukkan posisi kelas atas. /Pexels/cottonbro studio/

RINGTIMES BALI - Sosiolog dari Fakultas Ilmu Sosial dan Ilmu Politik (FISIP) Universitas Brawijaya I Wayan Suyadnya sebut alasan seseorang pamer kekayaan di media sosial adalah keinginan dari dalam diri menunjukkan posisi status sosial kelas atas di antara masyarakat.

Ia menilai pamer kekayaan di media sosial oleh Aparatur Sipil Negara (ASN) maupun anggota Polri yang sedang ramai dibicarakan akhir-akhir ini, merupakan suatu bentuk pengakuan atau pencarian status sosial di kalangan masyarakat.

“Saya berpikir bahwa apa yang dilakukan (pamer kekayaan) oleh individu ASN dan Polri itu karena butuh penghargaan. Butuh pengakuan atau eksistensi,” ucap Wayan, dikutip dari Antara, Sabtu, 1 April 2023.

Baca Juga: Luhut Tolak Terminal LNG di Sidakarya, Denpasar, Tiga LSM Bali Tanyakan Reputasi Humas PT DEB

Belum lama ini beredar video yang menampilkan Kasat Lantas Polres Malang AKP Agnis Juwita Manurung tengah memamerkan barang-barang mewah yang nilainya dianggap tidak sesuai dengan penghasilan Polwan dengan pangkat tiga balok itu.

Menurut Wayan, seseorang membutuhkan pengakuan tersebut melalui ikatan sosial yang memang sengaja diciptakan atau dibuat.

Pengakuan tersebut dibuat agar individu tersebut terlihat eksis, sehingga status sosial sebagai masyarakat kelas atas tersebut tetap terjaga.

Selain ingin menunjukkan status kelas atas kepada masyarakat yang setara, ada juga beberapa orang yang secara sengaja ingin pamer kekayaan kepada kelompok masyarakat minoritas dalam hal ini yang berada di kalangan bawah.

Baca Juga: Dandim Gianyar Bagikan Takjil dan Buka Pusa Bersama di Yappenatim Samplangan

Halaman:

Editor: Jero Kadek Wahyu Baratha

Sumber: Antara


Tags

Artikel Pilihan

Terkait

Terkini

Terpopuler

Kabar Daerah

x