Tanggapi Keputusan FIFA, Gubernur Koster Sebut Harapkan Piala Dunia Dilaksanakan di Bali

- 30 Maret 2023, 16:44 WIB
Tanggapi keputusan FIFA, Gubernur Koster sebut harapkan Piala Dunia dilaksanakan di Bali
Tanggapi keputusan FIFA, Gubernur Koster sebut harapkan Piala Dunia dilaksanakan di Bali /dok. Pemprov Bali

RINGTIMES BALI - Gubernur Bali I Wayan Koster berikan tanggapannya usai keputusan pembatalan Piala Dunia U-20 dibatalkan di Bali.

Dalam keterangan tertulis, ia menegaskan tidak menolak penyelenggaraan Piala Dunia U-20 di Bali, melainkan hanya menyampaikan penolakan kehadiran Tim Israel untuk bertanding di Bali.

"Sebagai pecinta bola, saya sebagai Gubernur Bali sesungguhnya sangat mengharapkan Piala Dunia U-20 juga dilaksanakan di Bali. Namun, event ini tidak bisa dipisahkan dari prinsip kemanusiaan, sebagaimana diamanatkan oleh konstitusi dan Bung Karno," ujarnya pada Kamis, 30 Maret 2023.

Baca Juga: FIFA Resmi Batalkan Indonesia Sebagai Tuan Rumah Piala Dunia U-20, Koster Didesak Minta Maaf

Penolakan tersebut sebelumnya disampaikan melalui surat kepada Menteri Pemuda dan Olahraga RI pada 14 Maret 2023.

Pertama, disebutkan keputusan tersebut diambil untuk menghormati konstitusi UUD NRI 1945 dalam Pembukaan Alinea Kesatu. Kedua yaitu Israel yang menjajah Palestina berpuluh-puluh tahun lamanya menurutnya tidak menghormati kedaulatan dan kemanusiaan Bangsa Palestina.

Alasan terakhir yakni Indonesia tidak memiliki hubungan diplomatik dengan Israel. Kehadiran tim sepak bola negara tersebut pada Piala Dunia U-20 menurutnya juga bisa berpotensi menjadi ancaman serta gangguan bagi keamanan di Bali.

Baca Juga: WNA Asal Belarusia Ditangkap Tim Ditreskrimum Polda Bali Setelah Lakukan Penipuan Asuransi di Negaranya

Koster menyebutkan bahwa kondisi ini akan berdampak luas atas kerja keras semua pihak selama ini, khususnya dalam upaya pemulihan pariwisata dan perekonomian Bali.

Halaman:

Editor: Jero Kadek Wahyu Baratha


Tags

Artikel Pilihan

Terkait

Terkini

Terpopuler

Kabar Daerah

x