Kakanwil Kemenkumham Bali Optimalkan Pengawasan Hingga Area Private Terkait ‘Kampung’ Eksklusif

- 28 Maret 2023, 19:45 WIB
Anggiat Napitulu saat ditemui Ringtimes Bali, 28 Maret 2023.
Anggiat Napitulu saat ditemui Ringtimes Bali, 28 Maret 2023. /Tim RIngtimes 08

RINGTIMES BALI - Kepala Kantor Wilayah ( Kakanwil) Kementrian Hukum dan HAM (Kemenkumham) Bali menyampaikan mengenai adanya informasi adanya perkampungan Warga Negara Asing (WNA) di Bali tidak benar.

“Tidak ada ya kampung ekslusif, melihat dari kacamata Kementrian Hukum dan HAM tidak ada kampung asing di Bali, hanya memang ada beberapa kawasan yang masuk kategori private contohnya ya vila yang didominasi oleh komunitas WNA tertentu,” ucap Anggiat Napitulu kepada Ringtimes Bali, 28 Maret 2023.

Selain itu mengenai informasi kampung ekslusif cukup meresahkan di beberapa wilayah di Bali, terutama ketidaktahuan para turis mancanegara pada norma dan hukum yang berlaku di Indonesia.

“Kawasan vila ini memang benar dominannya diisi oleh Warga Negara Rusia yang menyewa kamar disana dan pihak Imigrasi juga teleh mensurvey dan memastikan terkait dengan dokumen izin tinggalnya ada dan masih berlaku,” jelas Anggiat.

Baca Juga: Overstay dan Paspor Kadaluarsa, WNA Nigeria Diamankan Imigrasi Denpasar

Kepala Kantor Wilayah ( Kakanwil) Kementrian Hukum dan HAM (Kemenkumham) Bali beserta jajaran Imigrasi Bali telah rutin melakukan operasi pengawasan turis asing di berbagai lokasi hingga ke area yang disebutkan private.

Jenis visa yang digunakan oleh turis asing tersebut merupakan jenis Visa on Arrival (VoA) memiliki masa berlaku 30 hari dan dapat diperpanjang 1 kali selama 30 hari lagi, jadi total 60 hari.

Anggiat menegaskan bahwa informasi yang beredar bukanlah mengenai kampus khusus WNA melainkan tempat tersebut merupakan kawasan vila yang didominasi WNA serta pemilik vila merupakan Warga Negara Indonesia.

Baca Juga: Mesin Pengolah Sampah Karya Anak Bangsa di Klungkung, Dilirik Menteri Kongo

Halaman:

Editor: Mahatmanta


Tags

Artikel Pilihan

Terkait

Terkini

Terpopuler

Kabar Daerah

x