Mesin Pengolah Sampah Karya Anak Bangsa di Klungkung, Dilirik Menteri Kongo

- 28 Maret 2023, 19:05 WIB
Direktur CTBL Putu Ivan Yunatana menjelaskan proses kerja mesin pengolah sampah residu kepada Menteri Lingkungan dan Pembangunan Berkelanjutan Republik Kongo, Arlette Soudan Nonault dan rombongan di TOSS Center Klungkung.
Direktur CTBL Putu Ivan Yunatana menjelaskan proses kerja mesin pengolah sampah residu kepada Menteri Lingkungan dan Pembangunan Berkelanjutan Republik Kongo, Arlette Soudan Nonault dan rombongan di TOSS Center Klungkung. /ANTARA/HO-PT CTBL.

RINGTIMES BALI- Mesin pengolah sampah residu rekayasa teknologi anak Indonesia, yang berada di Center Gema Santi, Kabupaten Klungkung, Bali, dilirik Menteri Lingkungan dan Pembangunan Berkelanjutan asal Republik Kongo Arlette Soudan Nonault.

Bupati Klungkung Nyoman Suwirta menerangkan bahwa, telah menemani Menteri Republik Kongo Arlette Soudan Nonault, untuk menyaksikan pengoperasian mesin pengolahan sampah organik dan anorganik yang ada di Tempat Olah Sampah Setempat (TOSS) Center Gema Santi.

Nyoman Suwirta menjelaskan bahwa kunjungan Menteri Republik Kongo ini, tidak terlepas dari prestasi serta penghargaan dari Kementerian Lingkungan Hidup dan Kehutanan (KLHK), pada saat Hari Peduli Sampah Nasional (HPSN) yang digelar di Jakarta, 21 Februari 2023.

Ia menjelaskan bahwa, pada momen tersebut  Kabupaten Klungkung menerima penghargaan Adipura, karena berhasil masuk dalam jajaran Top 5 Terpuji Nasional Inovasi Pelayanan Publik, untuk kategori TPS3R atau Tempat Pengolah Sampah Reuse, Reduce, dan Recycle terbaik.

Baca Juga: Jadwal Imsakiyah Bali dan Sekitarnya Hari Ini Rabu, 29 Maret 2023

Menurutnya, penghargaan Adipura ini bisa diraih karena komitmen dan keberhasilan pemerintah kabupaten (pemkab) Klungkung dalam mengolah sampah baik organik maupun anorganik khususnya di TOSS Center Santi, Desa Kusamba, Kabupaten Klungkung, Bali.

TOSS Gema Santi sendiri, dibuat pada tahun 2017 pada lahan milik pemprov Bali  dengan luas 1,9 hektar. Inovasi yang ada disini berupa mesin pengolah sampah residu refuel atau RDF dan operatornya PT Cahaya Terang Bumi Lestari atau CTBL.

“Saat ini, TOSS masuk TOP 5 kategori Outstanding Achievement of Public Service Innovation pada Kompetisi Inovasi Pelayanan Publik (KIPP) tahun 2022,” ucap Nyoman Suwirta, dilansir dari Antara, Selasa, 28 Maret 2023.

Sementara itu, Menteri Kongo Arlette Soudan Nonault mengaku tertarik dengan teknologi inovasi pengolahan Sampah yang ada di TOSS Klungkung ini. Menurutnya, teknologi yang mengolah sampah menjadi produk pertanian dan lain-lain ini, sangat baik dan bagus.

Halaman:

Editor: Mahatmanta

Sumber: ANTARA


Tags

Artikel Pilihan

Terkait

Terkini

Terpopuler

Kabar Daerah

x