Super Air Jet Rute Denpasar-Jakarta Alami Kerusakan AC, Kemenhub Siap Inspeksi

- 26 Maret 2023, 16:00 WIB
Kemenhub akan melakukan inspeksi, terhadap pesawat Super Air Jet Rute Denpasar menuju Jakarta yang mengalami kerusakan AC pada 21 Maret 2023
Kemenhub akan melakukan inspeksi, terhadap pesawat Super Air Jet Rute Denpasar menuju Jakarta yang mengalami kerusakan AC pada 21 Maret 2023 /ANTARA/Fandi

RINGTIMES BALI - Kementerian Perhubungan (Kemenhub) akan melakukan inspeksi, terhadap pesawat Super Air Jet Rute Denpasar menuju Jakarta yang mengalami gangguan kerusakan AC pada 21 Maret 2023 lalu.

Direktur Jenderal Perhubungan Udara Kemenhub Maria Kristi Endah Murni menerangkan bahwa pesawat tersebut mengalami gangguan pada sistem pengatur tekanan udara kabin yang menyebabkan rusaknya pendingin atau AC.

Kristi Endah Murni mengatakan bahwa sesuai informasi yang diperoleh, pesawat tersebut mengalami gangguan pada kabin dan membuat suhu udara di kabin pesawat menjadi tinggi. Suhu yang tinggi ini membuat penumpang menjadi tidak nyaman karena kepanasan.

Ia mengakui bahwa telah memberi instruksi kepada direktorat, untuk menegur maskapai penerbangan tersebut terkait permasalahan tersebut. Ia juga akan melanjutkan inspeksi untuk memastikan apakah pesawat tersebut aman untuk kembali beroperasi.

Baca Juga: Sempat Hilang, Pemancing di Pantai Labuan Sait Ditemukan Meninggal Dunia

Sementara itu, maskapai Super Air Jet diminta untuk menginvestigasi permasalahan rusaknya sistem pendingin kabin pesawat serta segera melakukan tindakan perbaikan agar permasalahan tersebut tidak terjadi lagi dikemudian hari.

Maskapai penerbangan ini diminta untuk menindak dan melakukan pembinaan terhadap personel penerbangan, jika kedapatan melakukan tugas di luar standar operasional dan prosedur yang berlaku. Tak lupa Kristi turut menghimbau semua maskapai penerbangan di Indonesia untuk selalu meningkatkan pelayanan serta mementingkan keselamatan dan keamanan.

Peningkatan pelayanan ini, penting dilakukan mengingat sebentar lagi akan memasuki periode mudik 2023, sehingga mobilitas masyarakat pun akan sangat tinggi. Terkait angkutan udara Lebaran ini, pihak Kemenhub akan melakukan inspeksi terhadap semua pesawat yang akan melayani mudik Lebaran 2023.

Kristi menegaskan kembali bagi operator-operator di bidang penerbangan untuk patuh pada peraturan yang berlaku sera menerapkan prinsip safety, security, services, and compliance dalam penerbangan.

Halaman:

Editor: Mahatmanta

Sumber: ANTARA


Tags

Artikel Pilihan

Terkait

Terkini

Terpopuler

Kabar Daerah

x