Jelang Tawur Agung Kesanga, Klungkung Gelar Upacara Mapepade

- 20 Maret 2023, 19:42 WIB
Upacara Mapepade Tawur Agung Kesanga di Catus Pata Kabupaten Klungkung, Bali, digelar pada Senin, 20 Maret 2023.
Upacara Mapepade Tawur Agung Kesanga di Catus Pata Kabupaten Klungkung, Bali, digelar pada Senin, 20 Maret 2023. /Ringtimes Bali/I Gede Sarjana

RINGTIMES BALI - Upacara Mapepade Tawur Agung Kesanga di Catus Pata Kabupaten Klungkung dilaksanakan pada Soma Kliwon, Sasih Kesanga yang jatuh pada Senin, 20 Maret 2023.

Rangkaian prosesi upacara ini diawali dengan melaksanakan prosesi "nyukat genah" atau menentukan areal upacara dengan memercikkan air suci ke seluruh kawasan dan hewan kurban.

Setelah itu dilakukan persembahyangan bersama yang berjalan khikmat dipuput oleh Ida Pedanda Gde Wiraga dari Griya Taman Cucukan Klungkung.

Bupati Klungkung, I Nyoman Suwirta yang hadir dalam upacara Mapepade Tawur Agung Kesanga, di sela-sela kegiatannya menyampaikan, kegiatan Mapepade dilakukan sebagai wujud pembersihan terhadap sejumlah hewan kurban untuk rasa syukur atas berkah yang dilimpahkan Hyang Widi Wasa.

Baca Juga: Siap Amankan Rangkaian Hari Raya Nyepi, Polres Tabanan Kerahkan 732 Personel

Dia berharap, kegiatan yang digelar di masing-masing desa itu bisa dilakukan dengan baik, terutama dengan dilandasi niat tulus ikhlas untuk beryadnya sehingga semua rangkaiannya berjalan hikmat.

"Semoga rangkaian kegiatan Tawur Agung Kesanga dan Nyepi Tahun Caka 1945 bisa berjalan dengan baik, damai dan lancar di Kabupaten Klungkung," ujarnya.

Upacara Mepepada tersebut dilaksanakan dengan ritual berkeliling di Catus Pata dengan menuntun sejumlah hewan kurban seperti sapi, karbau, lima jenis ayam, itik, angsa, babi, kambing, kura-kura, dan lainya yang masuk dalam hewan pecaruan (korban).

Upacara Mepepada akan dilanjutkan dengan upacara Bumi Sudha yang dirangkaikan dengan upacara Tawur Kesanga yang bermakna untuk mengembalikan kesucian alam.

Halaman:

Editor: Yunita Amelia Rahma


Tags

Artikel Pilihan

Terkait

Terkini

Terpopuler

Kabar Daerah

x