Ribuan Krama Adat Banjarangkan Berjalan Kaki 10 KM dalam Upacara Melasti

- 20 Maret 2023, 16:08 WIB
Ribuan warga melaksanakan upacara Melasti dengan berjalan kaki 5 km dari Kecamatan Banjarangkan, Klungkung menuju Pantai Tegal Besar.
Ribuan warga melaksanakan upacara Melasti dengan berjalan kaki 5 km dari Kecamatan Banjarangkan, Klungkung menuju Pantai Tegal Besar. /Ringtimes Bali/I Gede Sarjana

RINGTIMES BALI - Pelaksanaan rangkaian Hari Raya Nyepi Tahun Caka 1945 yang diawali dengan upacara Melasti di Kecamatan Banjarangkan, Klungkung pada Senin, 20 Maret 2023 tampak padat dipenuhi masyarakat sejak pagi hari.

Krama Desa Adat Banjarangkan, Kecamatan Banjarangkan, Klungkung, melaksanakan Melasti Mamargi (berjalan kaki) menuju Pantai Tegal Besar.

Adapun jarak tempuh menuju Pantai Tegal Besar dari Desa Banjarangkan sekitar 5 KM, maka apabila ditempuh Pulang Pergi (PP) warga diperkirakan harus berjalan kaki dengan jarak 10 KM.

Bendesa Adat Banjarangkan, Ngakan Nyoman Muliawan menuturkan prosesi Melasti dengan jalan kaki ini sudah dilaksanakan sejak dulu dan menjadi tradisi.

Baca Juga: Lirik Lagu Saat Semua Semakin Cepat, Bali Berani Berhenti, Lagu Navicula Tentang Hari Nyepi

Diketahui, rangkaian upacara Melasti di Kecamatan Banjarangkan dimulai pukul 07.00 Wita.

Adapun proses (tahapan) Melasti diawali nedunang pralingga (menurunkan benda suci stana) Ida Batara dari Pura Bale Agung, Puseh Sari.

Selanjutnya semua benda suci dan perlengkapan upacara yang terkumpul dari pura-pura desa kapundut (dijunjung) menuju Pantai Tegal Besar oleh Krama.

Masing-masing pelawatan (sasuhunan berupa jempana/joli, barong/rangda/pratima) katedunang menuju Pantai Tegal Besar sebagai pusat upacara.

Halaman:

Editor: Yunita Amelia Rahma


Tags

Artikel Pilihan

Terkait

Terkini

Terpopuler

Kabar Daerah

x