Gerakan Desa Menghijaukan Dunia: Kontribusi Indonesia untuk Mitigasi Perubahan Iklim

- 20 Maret 2023, 15:40 WIB
Wapres Ma'ruf Amin bertolak ke Riau hadiri peringatan Hari Desa Asri Nusanta pada Senin, 20 Maret 2023.
Wapres Ma'ruf Amin bertolak ke Riau hadiri peringatan Hari Desa Asri Nusanta pada Senin, 20 Maret 2023. /Dok. Setwapres

RINGTIMES BALI - Wakil Presiden (Wapres) Ma'ruf Amin menghadiri acara peringatan Hari Desa Asri Nusantara 2023 bertajuk Gerakan Desa Menghijaukan Dunia yang digelar di Desa Makmur, Pelalawan, Riau, Senin, 20 Maret 2023.

Dalam acara tersebut, Ma'ruf Amin menilai bahwa Gerakan Desa Menghijaukan Dunia  merupakan salah satu bentuk kontribusi Indonesia untuk memitigasi dampak dari perubahan iklim.

Komitmen itu selaras dengan yang disampaikan Indonesia dalam sesi puncak Konferensi Tingkat Tinggi atau Conference of Parties ke-27 (KTTP COP27) di Mesir, yakni mendorong pemulihan iklim dan lingkungan.

Ma’ruf Amin menyebutkan bahwa dengan jumlah desa di Indonesia yang mencapai 75 ribu, mencakup sekitar 88 persen dari total wilayah Indonesia, Gerakan Desa Menghijaukan Dunia menjadi kontribusi besar Indonesia kepada dunia.

Baca Juga: Wapres Resmikan Masjid Raya Syekh Zayed Sebagai Corong Kedamaian

Selain itu, Indonesia juga mengajak seluruh negara agar peduli terhadap ancaman bencana, dampak dari adanya perubahan iklim.

Sebagai aksi nyata mendukung tindakan tersebut, Wapres Ma'ruf Amin meminta semua pihak terkait untuk memastikan masyarakat di desa memperoleh edukasi tentang cara mengimplementasikan serta mengawal aksi nyata secara berkelanjutan.

“Pemerintah desa harus mendapatkan penguatan kapasitas institusional dalam rangka mengantisipasi, merencanakan aksi, serta merespon tantangan perubahan iklim,” ucap Wapres Ma’ruf Amin, dilansir dari Antara, Senin, 20 Maret 2023.

Ia meminta keterlibatan dari masyarakat desa, tokoh adat, tokoh agama, BUMDes, serta pemangku kepentingan desa lainnya, agar mau aktif dalam aksi nyata terkait mitigasi dampak perubahan iklim.

Halaman:

Editor: Yunita Amelia Rahma

Sumber: ANTARA


Tags

Artikel Pilihan

Terkait

Terkini

Terpopuler

Kabar Daerah

x