Indonesia Siap Pimpin ASEAN Implikasikan One Health untuk Cegah Wabah Zoonosis

- 19 Maret 2023, 09:00 WIB
Plt Direktur Jenderal Pencegahan dan Pengendalian Penyakit (P2P) Kemenkes, Maxi Rein Rondonuwu.
Plt Direktur Jenderal Pencegahan dan Pengendalian Penyakit (P2P) Kemenkes, Maxi Rein Rondonuwu. /YouTube Kemenkes/

RINGTIMES BALI - Kementerian Kesehatan (Kemenkes) RI menyatakan bahwa Indonesia akan memimpin negara-negara di ASEAN untuk mengimplementasikan konsep One Health guna mencegah berbagai wabah zoonosis yang mungkin terjadi di masa depan.

Penyusunan konsep ini dilakukan melalui ASEAN Leaders Declaration (ALD) on One Health Initiatives.

Dirjen Pencegahan dan Pengendalian Penyakit Kemenkes, Maxi Rein Rondonuwu menerangkan bahwa ancaman wabah zoonosis berpotensi pandemi, sehingga perlu dilakukan peningkatan koordinasi lintas sektor.

Baca Juga: Pemda Dinilai Perlu Perbanyak Petani Muda agar Pangan Tetap Terjaga

“Penularan penyakit antara manusia, hewan, dan lingkungan yang meningkat menghadirkan ancaman zoonosis dengan potensi pandemi. Dengan demikian, ada kebutuhan mendesak untuk meningkatkan koordinasi lintas sektoral,” ujar Maxi Rein Rondonuwu, dilansir dari Antara, Minggu, 19 Maret 2023.

Maxi menjelaskan kepemimpinan Indonesia pada Pertemuan ASEAN 2023 itu menandakan semakin pentingnya ASEAN di kancah global.

Menurutnya, pembahasan mengenai One Health dapat menjadi episentrum guna membuka peluang memperkuat koordinasi multilateral terkait isu pertahanan kesehatan.

Baca Juga: Maknai Kehidupan Wanita Modern Lewat Ogoh-Ogoh, ST. Asta Desa Eka Cita Banjar Tegal Sari Angkat Cerita Linyok

Melalui deklarasi tersebut, Maxi berharap dapat terbentuk kolaborasi lintas negara anggota ASEAN yang penting dalam pencegahan, kesiapsiagaan, serta tanggapan pandemi.

Halaman:

Editor: Yunita Amelia Rahma

Sumber: ANTARA


Tags

Artikel Pilihan

Terkait

Terkini

Terpopuler

Kabar Daerah

x