Ribuan Umat Hindu di Bali Ikuti Upacara Melasti Jelang Hari Raya Nyepi

- 18 Maret 2023, 15:10 WIB
Ribuan umat Hindu mengikuti Upacara Melasti di Pantai Padang Galak, Kota Denpasar menjelang Hari Raya Nyepi Tahun Baru Saka 1945.
Ribuan umat Hindu mengikuti Upacara Melasti di Pantai Padang Galak, Kota Denpasar menjelang Hari Raya Nyepi Tahun Baru Saka 1945. /ANTARA FOTO/Nyoman Hendra Wibowo/wsj

RINGTIMES BALI - Ribuan umat Hindu mengikuti upacara Melasti di Pantai Padang Galak, Kota Denpasar, Bali menjelang Hari Raya Nyepi, Tahun Baru Saka 1945.

Bendesa Adat Peguyangan Ketut Sutama mengatakan bahwa upacara Melasti ini sebagai ritual penyucian diri sebelum Hari Raya Nyepi.

“Upacara Melasti itu rangkaian Hari Raya Nyepi. Sebelum kita merayakan hari suci itu kita sebagai umat Hindu melakukan penyucian diri," katanya, dikutip dari Antara, Sabtu, 18 Maret 2023.

"Dengan sarana mengambil tirta kamandalu yang ada di pantai untuk membersihkan alam dan diri kita sendiri melakukan Nyepi,” sambungnya.

Baca Juga: Banyak WNA Nakal, Kadispar: Wisatawan di Bali Harus Berkualitas

Ketut Sutama menjelaskan bahwa selama masa PPKM pandemi Covid-19, upacara Melasti tidak bisa diikuti oleh semua orang.

Upacara Melasti kali ini adalah momentum untuk dirayakan oleh semua masyarakat setelah tiga tahun masa pandemi Covid-19.

“Tiga tahun kami tidak melakukan upacara karena ada Covid, jadi tidak semua orang ikut ke sini, kami hanya perwakilan saja untuk atur sesaji," kata Ketut Sutama.

"Sekarang kan sudah endemi (tidak pandemi), jadi kita bersama dengan masyarakat kembali melakukan upacara lagi di sini. Kami ada 53 angkatan kendaraan dan kurang lebih ada enam ribu orang yang ikut,” tambahnya.

Halaman:

Editor: Jero Kadek Wahyu Baratha


Tags


Terkait

Terkini

Terpopuler

Terpopuler Pikiran Rakyat Network

PRMN TERKINI

x