Banyak WNA Nakal, Kadispar: Wisatawan di Bali Harus Berkualitas

- 18 Maret 2023, 14:47 WIB
Kepala Dinas Pariwisata Provinsi Bali Tjok Bagus Pemayun mengatakan bahwa wisatawan yang datang ke Bali harus berkualitas.
Kepala Dinas Pariwisata Provinsi Bali Tjok Bagus Pemayun mengatakan bahwa wisatawan yang datang ke Bali harus berkualitas. /ANTARA/Rolandus Nampu

RINGTIMES BALI - Kepala Dinas Pariwisata (Kadispar) Provinsi Bali Tjok Bagus Pemayun mengatakan bahwa wisatawan yang datang ke Bali harus berkualitas.

Ia memberi keterangan bahwa wisatawan yang datang ke Bali harus memenuhi kriteria berkualitas berdasarkan Peraturan Gubernur No. 28 Tahun 2020.

“Pasal 7 poin 4 disampaikan bahwa wisatawan yang berkunjung ke Bali merupakan wisatawan yang berkualitas, yaitu menghormati nilai-nilai kebudayaan tradisi dan kearifan lokal, ramah lingkungan waktu tinggal lebih lama," kata Tjok Bagus, dikutip dari Antara, Sabtu, 18 Maret 2023.

"Sehingga berbelanjanya diharapkan lebih banyak, memberdayakan sumber daya lokal, melakukan kunjungan ulang, dan terakhir berperilaku tertib dengan selalu menggunakan sarana transportasi usaha wisata,” sambungnya.

Baca Juga: Bejualan di Badan Jalan, Pedagang Pasar Sukawati Ditertibkan Langsung Oleh Bupati Gianyar

Pernyataan tersebut disampaikan sebagai bentuk tanggapan pemerintah terhadap banyaknya pelanggaran dan kelakuan wisatawan yang datang ke Bali. Hal ini menyebabkan Gubernur melarang wisatawan menggunakan motor sewaan.

Selain itu, pernyataan ini bertujuan untuk menata ulang ekosistem pariwisata Bali yang berkualitas dengan tempat berlibur aman, suguhan alam indah, dan budaya lokal yang khas.

Terkait pelanggaran WNA yang menggunakan motor di Bali, Tjok Bagus mengatakan bahwa hal ini akan selalu dikoordinasikan dengan Polda Bali untuk diberi tindakan jika ada yang melanggar lalu lintas.

“Memang di Pergub tidak ada (sanksi untuk WNA yang membawa motor), tetapi kita selalu berkoordinasi dengan Polda Bali, kan ada tim Kesbangpol tim pemantauan orang asing," katanya.

Halaman:

Editor: Jero Kadek Wahyu Baratha


Tags

Artikel Pilihan

Terkait

Terkini

Terpopuler

Pemilu di Daerah

x