Upayakan Perlindungan Anak dari Ancaman Cyber Bullying, ChildFund Mengkampanyekan Program Swipe Safe

- 18 Maret 2023, 10:41 WIB
Ilustarasi ChildFund mengkampanyekan program Swipe Safe
Ilustarasi ChildFund mengkampanyekan program Swipe Safe /Pixabay/u94007

RINGTIMES BALI - ChildFund Internasional atau lembaga pemerhati anak di Indonesia melakukan kampanye untuk melindungi anak dari aktivitas cyber bullying atau ancaman perundungan daring dengan program ‘Swipe Safe’.

Spesialis perlindungan anak dan advokasi dari ChildFund Internasional di Indonesia Reny Haning mengatakan bahwa pesatnya perkembangan teknologi, semakin meningkatkan tingginya risiko bagi anak-anak mengalami yang namanya cyber bullying atau kekerasan di dunia siber.

Dalam Media Briefing Swipe Safe Initiative di Jakarta Reny menekankan bahwa, dibutuhkan kesadaran bersama serta literasi digital yang mumpuni, hal ini pula yang menjadi latar belakang ChildFund memulai inisiatif swipe safe.

Baca Juga: Terupdate Harga Emas Logam Mulia Dasar, NPWP dan Non NPWP Sabtu, 18 Maret 2023

Berdasarkan penjelasan Reny, program inisiatif ini mempunyai tujuan agar masyarakat dapat menavigasi internet secara aman melalui edukasi anak dan orang tua, serta penyedia layanan dan sekolah tentang potensi risiko online.

ChildFund melakukan penelitian pada akhir tahun 2022 lalu pada empat provinsi di Indonesia. Berdasarkan data dari hasil penelitian tersebut diperoleh bahwa dari 1.610 responden, sekitar 5 dari 10 anak usia 13-24 tahun menjadi pelaku perundungan daring, sedangkan 6-10 anak menjadi korbannya.

Dari data penelitian tersebut, dapat disimpulkan bahwa risiko anak menjadi korban perundungan daring di kota besar seperti Jakarta sama besarnya dengan anak-anak di daerah yang mana akses internetnya tidak terlalu sering.

Baca Juga: Target Perhutanan Sosial Mencapai 258.779 Hektare, Kaltara Lakukan Percepatan 

Selain itu, korban dan pelaku perundungan tidak memandang jenis kelamin.

Halaman:

Editor: Jero Kadek Wahyu Baratha


Tags

Artikel Pilihan

Terkait

Terkini

Terpopuler

Pemilu di Daerah

x