Polandia Jadi Negara NATO Pertama yang Kirim Jet Tempur ke Ukraina

- 17 Maret 2023, 09:30 WIB
Ilustrasi - Polandia kirim 4 jet tempur MiG-29 ke Ukraina.
Ilustrasi - Polandia kirim 4 jet tempur MiG-29 ke Ukraina. /Pixabay/Netloop

RINGTIMES BALI – Presiden Polandia Andrzej Duda pada Kamis, 16 Maret 2023 mengatakan bahwa pihaknya akan mengirimkan empat jet tempur MiG-29 ke Ukraina yang akan menjadi pengiriman pertama oleh anggota NATO.

Pengiriman empat jet tempur itu dilakukan Polandia sebagai bentuk dukungan terhadap Ukraina yang sedang menghadapi konflik.

“Dalam beberapa hari mendatang kami pertama-tama akan mentransfer, jika saya ingat dengan benar, empat pesawat yang beroperasi penuh ke Ukraina,” kata Duda kepada wartawan, sebagaimana dikutip dari Channel News Asia pada Jumat, 17 Maret 2023.

Baca Juga: Taiwan Siaga Satu Hadapi Blokade Total China

Menurutnya, mengirim jet tempur adalah langkah yang dapat memberikan perkembangan dalam konflik tersebut.

Dengan empat jet yang dikirim, diharapkan dapat menambah keamanan Kyiv terhadap serangan rudal Rusia dan serangan pesawat tak berawak.

Polandia telah melaporkan upaya pengiriman bantuan peralatan perang ke Ukraina dan dapat meyakinkan negara anggota NATO lainnya.

Baca Juga: Segera Menjauh, Jika Anda Lihat Air Laut Jadi Merah

Duda mengatakan Polandia saat ini memiliki selusin pesawat MiG yang merupakan bekas dari Republik Demokratik Jerman. Pesawat-pesawat ini telah siap untuk dikirim ke Ukraina.

Halaman:

Editor: Yunita Amelia Rahma

Sumber: Channel News Asia


Tags

Artikel Pilihan

Terkait

Terkini

Terpopuler

Kabar Daerah

x