Kemenkominfo Bagikan Tips Agar UMKM Miliki Bisnis Berkelanjutan

- 15 Maret 2023, 16:17 WIB
Direktur Informasi dan Komunikasi Perekonomian dan Kementerian Komunikasi dan Informatika (Kemenkominfo) Septriana Tangkary, membagikan tips-tips yang dapat dilakukan pelaku Usaha Mikro, Kecil, dan Menengah (UMKM) untuk memiliki bisnis yang berkelanjutan.
Direktur Informasi dan Komunikasi Perekonomian dan Kementerian Komunikasi dan Informatika (Kemenkominfo) Septriana Tangkary, membagikan tips-tips yang dapat dilakukan pelaku Usaha Mikro, Kecil, dan Menengah (UMKM) untuk memiliki bisnis yang berkelanjutan. /ANTARA/Livia Kristianti/

RINGTIMES BALI - Direktur Informasi dan Komunikasi Perekonomian dan Kementerian Komunikasi dan Informatika (Kemenkominfo) Septriana Tangkary, membagikan tips-tips yang dapat dilakukan pelaku Usaha Mikro, Kecil, dan Menengah (UMKM) untuk memiliki bisnis yang berkelanjutan.

Tips pertama, pelaku UMKM diminta untuk bisa mempertahankan kualitas produk dan layanan. Kualitas dan layanan merupakan citra UMKM di mata konsumen yang perlu dijaga untuk membangun jangkauan pasar.

“Tips pertama pastikan UMKM bisa mempertahankan kualitas produk dan layanan yang optimal. Artinya untuk produk dan layanan ini jangan sekali-kali mencoba untuk mengurangi kualitas,” ucap Septri, dilansir dari Antara, Selasa, 14 Maret 2023.

Menurutnya justru produk dan layanan dari UMKM harus semakin ditingkatkan inovasi terbaru serta pengenbangannya perlu melibatkan pelanggan. Jangan pernah merasa puas akan satu produk, harus ada pengembangan produk.

Baca Juga: Kembali Tabanan Secara Rutin Adakan Car Free Day, Berikan Dampak Positif Bagi Pelaku UMKM

“Jangan pernah merasa produk yang sudah bagus akhirnya tidak perlu dikembangkan. Akhirnya malah kehilangan pelanggan karena tidak dikembangkan,” ujar Septri.

Tips kedua adalah dengan menyiapkan pengelolaan keuangan yang benar dan memanfaatkan digitalisasi. Pengelolaan keuangan ini mencakup peningkatan kapasitas pelaku UMKM, terkait adanya literasi keuangan dan digital.

“Dengan memaksimalkan pemasaran digital maka UMKM bisa mengakses lebih banyak pasar. Lewat grup-grup WhatsApp saja itu sudah cepat. Apalagi kalau seluruh media sosial dan marketplace juga digunakan, tentu pemasaran lebih efektif,” ucapnya.

Tips yang ketiga agar UMKM bisa memiliki bisnis berkelanjutan adalah pemilik usaha jangan sampai berhenti dalam membangun jaringan. Hal ini karena semakin luas jaringan bisnis yang dibangun maka akan membantu pembukaan akses ke pasar, serta memperkuat rantai pasok untuk pendistribusian produk.

Halaman:

Editor: Mahatmanta

Sumber: ANTARA


Tags

Artikel Pilihan

Terkait

Terkini

Terpopuler

Kabar Daerah

x