Kedepankan Toleransi, Sambut Pelaksanaan Hari Raya Nyepi dan Bulan Ramadan dengan Lakukan Hal Ini

- 14 Maret 2023, 14:57 WIB
Samsul Hakim, Kasi Bimas Islam pada Kantor Departemen Agama Kabupaten Klungkung.
Samsul Hakim, Kasi Bimas Islam pada Kantor Departemen Agama Kabupaten Klungkung. /RINGTIMES BALI/I Gede Sarjana

RINGTIMES BALI - Pelaksanaan hari raya Nyepi Tahun Saka 1945 bagi umat Hindu di tahun ini bersamaan dengan pelaksanaan awal bulan Ramadan bagi umat Islam.

Dalam pelaksanaan Nyepi dan Puasa, agar tidak terjadi benturan sejumlah musyawarah dilakukan untuk mencapai mufakat dalam menjaga kondusifitas pelaksanaan perayaan Keagamaan.

 mengatakan, dalam menjaga kondusifitas pelaksanaan perayaan Umat beragama telah melakukan Rapat Kordinasi.

Rapat yang dilaksanakan pada hari, Senin 6 Maret 2023 lalu dengan dihadiri FKUB Kabupaten Klungkung, Majelis Desa Adat, Kesbangpol dan juga aparat Keamanan di Kabupaten Klungkung.

 Baca Juga: Sambut Nyepi dan Ramadhan, Polda Bali Jamin Keamanan Tarawih Hari Pertama

"Tentunya kita ingin perayaan keduanya berjalan dengan aman, tertib, khidmat dan yang pasti lancar," ucapnya, Selasa, 14 Maret 2023 di Kantor Agama Klungkung.

Hari Raya Nyepi pada tanggal 22 Maret 2023 merupakan hari raya Suci yang datangnya tiap 1 tahun sekali, demikian juga dengan bulan Suci Ramadan.

Dalam rapat kordinasi diperoleh kesepakatan bahwa pelaksanaan hari Raya Nyepi dengan Salat Teraweh di awal bulan Puasa tetap berjalan dengan memperhatikan beberapa batasan.

Batasan tersebut meliputi, tidak memakai pengeras suara, bagi umat yang jarak masjid atau mushola jauh diharapkan melakukanya dirumah karena penggunaan kendaraan bermotor dilarang untuk meminamilisir penggunan lampu.

Halaman:

Editor: Mahatmanta


Tags

Artikel Pilihan

Terkait

Terkini

Terpopuler

Kabar Daerah

x