Sambut Nyepi dan Ramadhan, Polda Bali Jamin Keamanan Tarawih Hari Pertama

- 14 Maret 2023, 12:47 WIB
Kabid Humas Polda Bali Kombes Pol. Satake Bayu.
Kabid Humas Polda Bali Kombes Pol. Satake Bayu. /Ringtimes Bali/I Made Bayu Tjahyaputra

RINGTIMES BALI - Menjelang Hari Raya Nyepi yang bertepatan dengan hari pertama Ramadhan, masyarakat Bali diharapkan menjaga kondusivitas saat pelaksanaannya.

Pada Hari Raya Nyepi, umat Hindu dan masyarakat Bali pada umumnya dilarang untuk melaksanakan berbagai kegiatan.

Adapun kegiatan yang dimaksudkan itu di antaranya, tidak boleh beraktivitas di luar rumah, tidak menyalakan lampu, dan dilarang membuat suara-suara yang dapat mengganggu perayaan Nyepi bagi umat Hindu.

Baca Juga: Bahas Peraturan Gubernur Soal Rental Kendaraan, Wagub Bali: Perlu Kajian Mendalam

Dikutip dari ANTARA, Muhammadiyah Bali juga mengingatkan kepada umat muslim yang berada di Bali terkait pelaksanaan tarawih pada 23 Maret 2023 dan bertepatan dengan Hari Raya Nyepi Tahun Baru Caka 1945.

Ketua Majelis Tabligh Pimpinan Wilayah Muhammadiyah Provinsi Bali, Muhammad Safarudin mengimbau umat muslim untuk megatur tarawih agar tidak mengganggu umat Hindu yang merayakan Nyepi.

"Kalau jauh jarak rumah dengan tempat ibadah, disarankan lebih baik tarawih perdana di rumah saja, tapi bilamana dekat dengan masjid atau mushala itu menyelenggarakan sholat berjemaah serta dapat izin aparat setempat tidak jadi masalah," kata Safarudin.

Baca Juga: Rektor Unud Tersangka Kasus SPI Ternyata Miliki Harta Kekayaan Lebih dari Rp 6 Miliar

Menurutnya, hal itu dimaksudkan agar tidak menganggu pelaksanaan Nyepi bagi umat Hindu yang dirayakan saat hari pertama Ramadhan. 

Halaman:

Editor: Yunita Amelia Rahma


Tags

Artikel Pilihan

Terkait

Terkini

Terpopuler

Pemilu di Daerah

x