Jepang Mulai Longgarkan Penggunaan Masker

- 13 Maret 2023, 11:10 WIB
Ilustrasi masker. Jepang buat kebijakan pelonggaran penggunaan masker yang berlaku hari ini, 13 Maret 2023.
Ilustrasi masker. Jepang buat kebijakan pelonggaran penggunaan masker yang berlaku hari ini, 13 Maret 2023. /Pixabay/Roksana96

RINGTIMES BALI – Tokyo Disneyland yang merupakan salah satu taman hiburan terbesar di Jepang telah melonggarkan penggunaan masker bagi pengunjung yang memasuki kawasan tersebut.

Selain Tokyo Disneyland, beberapa tempat seperti Stasiun Kereta Api Jepang Timur dan Bioskop Toho juga telah memberikan izin tidak mengenakan masker bagi para pelanggannya. Kebijakan ini mulai dilakukan pada Senin, 13 Maret 2023.

Meski demikian, proses pelonggaran penggunaan masker akan memakan proses yang tidak sebentar karena di Jepang, penggunaannya sudah sering dilakukan bahkan sebelum adanya pandemi Covid-19.

Baca Juga: Angka Kelahiran Menurun, Jepang Gandakan Kebijakan Anggaran Terkait Anak

Tak hanya itu, serangan dari serbuk sari bunga di musim semi juga menjadi alasan masyarakat Jepang masih menggunakan masker.

“Mengenakan masker adalah bagian dari budaya kami bahkan sebelum Covid-19,” kata Hitoshi Oshitani, profesor Universitas Tohoku yang merupakan arsitek respons Covid-19 Jepang. 

"Saya pikir banyak orang akan memakai masker bahkan setelah aturannya dilonggarkan," ujarnya dikutip dari Channel News Asia pada Senin, 13 Maret 2023.

Baca Juga: Akibat Covid-19 Berkepanjangan, Kesehatan Mental di Eropa Menurun

Sebelumnya, masyarakat Jepang sangat taat akan aturan penggunaan masker, bahkan tidak perlu sampai ada tindakan yang tegas. Hingga pada bulan ini, Jepang pun memutuskan membuat kebijakan pelonggaran penggunaan masker.

Halaman:

Editor: Yunita Amelia Rahma

Sumber: Channel News Asia


Tags

Artikel Pilihan

Terkait

Terkini

Terpopuler

Kabar Daerah

x