Bupati Bangli Temui Menko Luhut, Usul Program Pengembangan Kintamani

- 8 Maret 2023, 11:23 WIB
Bupati Bangli Sang Nyoman Sedana Arta (paling kanan) melakukan audiensi dengan Menko Marves Luhut Binsar Pandjaitan.
Bupati Bangli Sang Nyoman Sedana Arta (paling kanan) melakukan audiensi dengan Menko Marves Luhut Binsar Pandjaitan. /ANTARA/HO-Dok Humas.

RINGTIMES BALI - Bupati Bangli Sang Nyoman Sedana Arta menemui Menteri Koordinator Bidang Kemaritiman dan Investasi (Menko Marves) Luhut Binsar Pandjaitan dalam upaya pengusulan program pengembangan wisata Kintamani, Danau Batur, dan kawasan sekitarnya.

Audiensi yang dilakukan di ruang kerja Menko Luhut di Jakarta itu membahas hal-hal terkait perencanaan pengembangan kawasan wisata Kintamani, Danau batur, dan sekitarnya.

Ia juga menyampaikan bahwa Danau Batur akan menjadi locus pelaksanaan WWF 2024 mendatang.

“Saat bertemu Menko Luhut, kami menyampaikan usulan program pengembangan Kintamani, Danau Batur, dan sekitarnya. Sementara di sisi lain tahun 2024 Danau Batur direncanakan sebagai salah satu locus pelaksanaan World Water Forum (WWF),” ujar Bupati Bangli Sang Nyoman Sedana Arta dilansir dari Antara, 8 Maret 2023.

Baca Juga: Kemenkes: Vaksin Indovac Bisa Digunakan untuk Booster Kedua

Selain menyampaikan beberapa usulan pengembangan di wilayah-wilayah tersebut, Sedana Arta juga membahas mengenai pembangunan museum air, sarana prasarana pendukungnya.

Pengembangan yang diusulkan itu termasuk mengenai pengerukan sedimentasi dan penataan KJA model floating, penataan sempadan di Danau Batur, penataan Desa Bali Kuno Trunyan, rencana pelebaran ruas jalan Penelokan menuju Danau Batur, pembangunan The President Towel, pembangunan pabrik pupuk organik, pembangunan TPST 3R, serta Instalasi pengelolaan air minum.

Danau Batur merupakan kawasan wisata yang telah menyandang banyak status, mulai dari geopark, KSPN, Warisan Budaya Dunia (WBD), dan masuk dalam salah satu danau prioritas nasional.

Oleh sebab itu, perlu adanya perhatian khusus dari pemerintah provinsi dan pusat terhadap kawasan tersebut.

Halaman:

Editor: Yunita Amelia Rahma

Sumber: ANTARA


Tags

Artikel Pilihan

Terkait

Terkini

Terpopuler

Kabar Daerah

x