Korea Selatan Akan Beri Kompensasi untuk Korban Kerja Paksa pada Masa Perang Jepang

- 6 Maret 2023, 18:34 WIB
Pemerintah Korea Selatan berencana memberika kompensasi kepada orang yg pernah kerja paksa pada masa kedudukan Jepang.
Pemerintah Korea Selatan berencana memberika kompensasi kepada orang yg pernah kerja paksa pada masa kedudukan Jepang. /Reuters/Kim Hong-Ji

RINGTIMES BALI – Untuk memperbaiki hubungan buruk antar dua negara, Pemerintah Korea Selatan mengumumkan akan memberi kompensasi kepada orang yang pernah kerja paksa saat masa kedudukan Jepang di Korea Selatan.

Diharapkan dengan adanya upaya perbaikan hubungan ini, akan membuat hubungan kerja sama perdagangan, militer dan politik antar Korea Selatan dan Jepang menjadi membaik.

Proposal untuk memberikan kompensasi itu telah sampai di Tokyo. Hal itu langsung mendapat reaksi dari beberapa korban dan partai oposisi utama Korea Selatan.

Mereka menuduh Pemerintah Korea Selatan saat ini menyerah kepada Jepang.

Baca Juga: Tumpahan Minyak di Perairan Filipina Makin Luas, Aktivitas Penangkapan Ikan Dilarang

Pada masa kedudukan Jepang di Korea Selata banyak tenaga kerja dan wanita yang dipaksa masuk ke rumah pelacuran militer Jepang, dan hingga kini masih terjadi ketidaksepakatan akan hal itu.

Karena masih ada yang membenci Jepang sehingga secara tak langsung telah mengganggu hubungan antara dua negara sekutu penting America Serikat selama bertahun-tahun.

Tetapi Presiden Korea Selatan, Yoon Suk Yeol telah mendorong untuk memperbaiki hubungan tersebut.

“Berdasarkan rencana tersebut, Korea Selatan akan memberi kompensasi kepada mantan pekerja paksa melalui yayasan publik yang didanai oleh perusahaan sektor swasta,” kata Menteri Luar Negeri Park Jin, dikutip dari Channel News Asia, Senin, 6 Maret 2023.

Halaman:

Editor: Jero Kadek Wahyu Baratha

Sumber: Channelnewsasia.com


Tags

Artikel Pilihan

Terkait

Terkini

Terpopuler

Pemilu di Daerah

x