Kriminalitas Libatkan WNA Meningkat, Wakapolda Ikuti Rapat Koordinasi Situasi Keamanan Bali

- 2 Maret 2023, 19:55 WIB
Wakapolda Bali mengikuti Rapat Koordinasi Situasi Keamanan Bali terkait dengan jumlah WNA yang terlibat kasus kriminalitas di Pulau Dewata.
Wakapolda Bali mengikuti Rapat Koordinasi Situasi Keamanan Bali terkait dengan jumlah WNA yang terlibat kasus kriminalitas di Pulau Dewata. /Ringtimes Bali/I Made Bayu Tjahyaputra

RINGTIMES BALI - Kegiatan Warga Negara Asing (WNA) datang ke Bali, tidak hanya membawa dampak positif bagi perekonomian semata.

Dampak lain dari massifnya pariwisata juga menimbulkan sisi negatif terutama kriminalitas dan pelanggaran tata tertib yang dilakukan oleh WNA ke Bali.

Sejak Pandemi Covid 19 mulai berangsur menurun, menurut Badan Pusat Statistik (BPS), kembalinya wisatawan yang berkunjung ke Bali dari bulan Januari sebanyak 331.912 orang wisatawan.

Jumlah tersebut dikatakan tinggi pasca pandemi, dan turut serta kasus tindak pidana serta kecelakaan lalu lintas yang melibatkan WNA juga ikut meningkat.

Baca Juga: Kepala Desa Negari Pastikan Tindak Lanjuti Arahan Bupati Klungkung Terkait DTKS Anak Almarhum Supini

Hal tersebutlah yang mendasari kegiatan Rapat Koordinasi (Rakor) Situasi dan Keamanan Bali dalam konteks kegiatan WNA.

Wakapolda Bali Brigjen Pol. Ketut Suardana mengikuti kegiatan Rakor tersebut melalui rapat daring di Command Centre Polda Bali pada Kamis, 2 Maret 2023.

Pada kegiatan tersebut hadir Karoops, Dirlantas, dan Dirreskrimsus Polda Bali serta pejabat utama lainnya yang diikuti secara virtual oleh Deputi V Kepala Staff Kepresidenan, Kadispar Bali serta pejabat-pejabat terkait dengan keamanan dan ketertiban wisatawan dan aktivis pemerhati pariwisata.

Deputi V Staff Kepresidenan mengucapkan terima kasih kepada undangan yang telah hadir mengikuti rapat secara virtual, ia mengatakan bahwa Bali masih menjadi destinasi yang menarik untuk dikunjungi oleh wisatawan mancanegara.

Baca Juga: Harga Pertamax di Bali Naik Rp500, Warga Berikan Respon Beragam

" Bali masih menjadi daya tarik wisatawan mancanegara, salah satunya peran serta masyarakat yang positif seperti ramah dan bersahabat yang menjadi nilai plus tersendiri di mata wisatawan," ucapnya.

Halaman:

Editor: Jero Kadek Wahyu Baratha


Tags

Artikel Pilihan

Terkait

Terkini

Terpopuler

Kabar Daerah

x