Pemprov Bali Bentuk Tim Satgas, Pantau Turis yang Kerja Tanpa Izin

- 28 Februari 2023, 11:31 WIB
Kepala Dinas Pariwisata Provinsi Bali Tjok Bagus Pemayun saat di wawancara di Kabupaten Badung. ANTARA/Ni Putu Putri Muliantari
Kepala Dinas Pariwisata Provinsi Bali Tjok Bagus Pemayun saat di wawancara di Kabupaten Badung. ANTARA/Ni Putu Putri Muliantari /

RINGTIMES BALI- Kepala Dinas Pariwisata Provinsi Bali Tjok Bagus Pemayun, telah membentuk tim satgas, yang bertugas memantau dan menangani wisatawan atau turis yang datang dan bekerja di Bali namun tak memiliki surat izin kerja.

Tim satgas yang terdiri dari Organisasi Perangkat Daerah (OPD) vertikal mulai dari Imigrasi dan bagian Internal di Pemprov Bali akan langsung menelusuri di lapangan.

Tjok Bagus mengungkapkan bahwa walaupun belum ada laporan pasti dari komponen pariwisata dan masyarakat tim satgas yang dibentuk akan meninjau langsung di lapangan.

Baca Juga: Mulai 1 Maret 2023, Hong Kong Cabut Aturan Wajib Gunakan Masker

“Dari internal kita ada Satpol PP, Dinas Ketenagakerjaan dan ESDM, Dinas Perindustrian dan Perdagangan bagian perizinan, dan ada Kepolisian lengkap. Tim satgas untuk menangani hal-hal seperti ini, baik itu warga Rusia atau apapun masalah wisata kita akan melibatkan tim ini,” ungka Tjok Bagus, dilansir dari Antara news, Senin, 27 Februari 2023.

Ramai diberitakan sebelumnya bahwa banyak warga dari Negara Rusia yang datang ke Bali pasca konflik Rusia-Ukraina, bahkan dilaporkan pada bulan Januari 2023 kunjungan wisatawan Rusia menjadi tertinggi kedua setelah Australia.

Maka dari itu pemerintah akan terus memantau dan mematikan pergerakan mereka yang datang agar sesuai dengan visa yang dibawa, jika kedapatan tidak sesuai maka tim satgas bentukan Pemprov Bali akan bekerja sama untuk melakukan pembinaan dan penindakan lebih lanjut.

Baca Juga: Walikota Jaya Negara Prioritaskan Empat Kebijakan untuk Kemajuan Denpasar

“Pertama apapun itu harus ada aturan main atau regulasi, di sini jelas ya kemari kalau menggunakan visa wisata tidak boleh bekerja, kalaupun ada kerjaan akan kita cek di lapangan dengan tim satgas ini,” ujar Kadis Pariwisata Bali.

Halaman:

Editor: Annisa Fadilla


Tags

Artikel Pilihan

Terkait

Terkini

Terpopuler

Kabar Daerah

x