Wamendes Budi Tegaskan Tak Ada Desa Miskin di Indonesia: Yang Ada Belum Menemukan Potensinya

- 6 Februari 2023, 16:10 WIB
Wamendes Budi Tegaskan Tak Ada Desa Miskin di Indonesia.
Wamendes Budi Tegaskan Tak Ada Desa Miskin di Indonesia. /Ni Made Ari Rismaya Dewi/Ringtimes Bali

RINGTIMES BALI - Wakil Menteri Desa Pembangunan Daerah Tertinggal dan Transmigrasi (Wamendes PDTT) Budi Arie Setiadi ungkap tak percaya ada desa miskin di Indonesia yang disampaikannya usai kunjungan di Desa Kertalangu, Denpasar pada Minggu, 5 Februari 2023.

“Karena saya ini aliran yang tidak percaya ada desa miskin di Indonesia. Yang ada adalah desa yang belum menemukan potensi yang dimilikinya dan bagaimana mengelola potensinya,” ujarnya.

Dalam menggali potensi desa, warga maupun Perbekel, Direktur Bumdes, Sekda, hingga Camat, harus optimis dan turut mendukung pembangunan desa dalam upaya menemukan potensi desa.

Usaha Menggali Potensi Desa

Setelah menemukan potensi desa, warga harus bisa memunculkan ide-ide kreatif untuk mengembangkan potensinya, salah satu yang bisa digali adalah potensi di bidang pariwisata desa.

“Tinggal orang-orangnya sudah siap, budayanya mendukung, dan masyarakatnya juga mendukung. Cari kreativitas-kreativitas baru, sehingga orang (wisatawan) terus datang,” jelasnya.

Sementara di Bali, ia meyakini wisatawan tak pernah datang hanya sekali. Karena pariwisata di Bali sudah ada jiwanya dan memerlukan dukungan saja, terlebih dengan kondisi pariwisata yang mulai pulih pasca pandemic COVID-19, serta dibukanya kedatangan wisatawan dari China.

Baca Juga: Keluarga Bayi Korban Jari Putus Minta Pertolongan, Hotman Paris: Siap Ketemu

“Nanti ada turis dari China 13 ribu kunjungan sehari. Bayangkan, apa (wisatawan) tidak perlu makan, tempat menginap, artinya kan pariwisata Bali sudah mulai reborn,” kata Budi Arie.

Halaman:

Editor: Annisa Fadilla


Tags

Artikel Pilihan

Terkait

Terkini

Terpopuler

Kabar Daerah

x