YPIM Foundation Luncurkan School Boat Indonesia di Pulau Rinca, Inilah Alasannya

- 27 September 2022, 20:15 WIB
Seorang pelajar SD sedang berjalan di jalan setapak di desa Korore di Pulau Rinca Manggarai Barat.
Seorang pelajar SD sedang berjalan di jalan setapak di desa Korore di Pulau Rinca Manggarai Barat. /ANTARA/Ho-Humas YPIM Foundation.

RINGTIMES BALI - Yayasan Panji Ibrahim Muhammad (YPIM) Foundation akan meluncurkan program School Boat Indonesia di Rinca, Kecamatan Komodo, Kabupaten Manggarai Barat, Nusa Tenggara Timur (NTT).

Founder School Boat Indonesia, Meralda Adam mengatakan bahwa tujuan dibuatkannya program ini adalah untuk meningkatkan kualitas pendidikan anak-anak di daerah pesisir, khususnya yang tinggal di kampung Kerora.

Selain itu, Meralda juga menyebutkan adanya alasan tersendiri kenapa ia memilih lokasi peluncuran kapal sekolah di Pulau Rinca.

Baca Juga: DPRD Sikka NTT Lakukan Kaji Banding ke Kabupaten Klungkung, Terinspirasi Muatan Lokal Bahasa Bali

"Di pulau Rinca hanya ada 1 sekolah dasar (SD), untuk bisa melanjutkan sekolah ke jenjang berikutnya, harus melewati lautan dengan arus cukup deras," terangnya saat konferensi pers di Deus Ex Machina, Temple of Enthusiasm, 23 September 2022.

Untuk menempuh pendidikan ke jenjang berikutnya, para siswa harus melewati Selat Molo yang memang terkenal akan arusnya yang deras dan tidak bersahabat.

"Situasi tersebut diperburuk dengan tidak adanya kapal khusus untuk antar jemput, sehingga para siswa harus berpisah dengan orang tuanya dan tinggal dengan warga di Kampung Rinca agar lebih dekat untuk bersekolah," tambahnya.

Baca Juga: Presiden Jokowi dan Ibu Iriana Kunjungan Kerja ke NTT, Resmikan Infrastruktur Pariwisata

Berdasarkan keterangan Meralda Adam atau sering disapa Meralda, tidak adanya kapal reguler yang dapat antar jamput, kebanyakan anak-anak di Kampung Kerora hanya mampu bersekolah hingga tingkat SD saja.

Selain itu, ia juga menegaskan akan merekrut sopir serta dengan anak buah kapal untuk mengoperasikan kapal sekolah tersebut secara reguler.

Halaman:

Editor: Muhammad Khusaini


Tags

Artikel Pilihan

Terkait

Terkini

Terpopuler

Kabar Daerah

x