Polsek Gilimanuk Gagalkan Penyelundupan Kulit Sapi Mentah dari Jawa

- 18 Agustus 2022, 15:20 WIB
Aparat Polsek Gilimanuk memeriksa mobil pick up yang membawa kulit sapi mentah selundupan dari Jawa, Rabu, 17 Agustus 2022
Aparat Polsek Gilimanuk memeriksa mobil pick up yang membawa kulit sapi mentah selundupan dari Jawa, Rabu, 17 Agustus 2022 /Antaranews Bali/Istimewa/2022

RINGTIMES BALI – Polsek Gilimanuk, Singaraja, kembali berhasil menggagalkan penyelundupan kulit sapi mentah yang berasal dari sejumlah daerah di Jawa.

Kapolsek Gilimanuk I Gusti Putu Dharmanatha menjelaskan bahwa kulit sapi mentah tersebut dibawa masuk ke Bali melalui Pelabuhan Gilimanuk.

“Karena tidak dilengkapi dokumen yang sah, setelah kami amankan, pihak karantina mengembalikan barang tersebut ke daerah asal,” katanya Kapolsek Gilimanuk dikutip dari Antara.

Baca Juga: Polda Bali Ungkap Meninggalnya WNA Asal Peru yang Jadi Tahanan Narkotika

Sebelumnya, pihaknya telah menggagalkan upaya penyelundupan barang sejenis pada Rabu, 17 Agustus 2022 kemarin seberat 200 kilogram yang diangkut dengan mobil pickup DK8937AB.

Berdasarkan dari pengakuan pemilik kulit sapi, ia membeli di tempat pemotongan sapi di wilayah Kecamatan Srono, Kabupaten Banyuwangi, Jawa Timur. Kemudian, ia akan menjualnya ke Kota Denpasar.

“Seperti yang sebelumnya sudah terungkap, kami koordinasikan dengan Balai Karantina Pertanian untuk selanjutnya dibuatkan berita acara penolakan karena tidak dilengkapi dokumen dan dikembalikan ke daerah asal,” ucapnya.

Baca Juga: Diduga Akibat Konsleting Listrik, Warung Makan di Pecatu Kebakaran Saat Pemilik Sedang Tidur

Menurutnya, pengawasan ketat di pintu masuk Bali, khususnya Pelabuhan Gilimanuk terhadap sejumlah jenis komoditi termasuk kulit sapi mentah, sesuai SE Kepala Badan Karantina Pertanian No: 12950/05/2022 tentang Peningkatan Kewaspadaan Terhadap Penyakit Mulut dan Kuku (PMK) Hewan Ternak.

Halaman:

Editor: Muhammad Khusaini


Tags

Artikel Pilihan

Terkait

Terkini

Terpopuler

Pemilu di Daerah

x