HUT RI ke 77, Bank Indonesia Luncurkan Uang Rupiah Kertas Tahun Emisi 2022

- 18 Agustus 2022, 17:40 WIB
Bank Indonesia luncurkan Uang Rupiah Kertas Tahun Emisi 2022, bertepatan dengan peringatan HUT Kemerdekaan RI ke-77.
Bank Indonesia luncurkan Uang Rupiah Kertas Tahun Emisi 2022, bertepatan dengan peringatan HUT Kemerdekaan RI ke-77. /Tangkap layar/Instagram/@bank_indonesia

RINGTIMES BALI – Bersamaan dengan momentum peringatan HUT Kemerdekaan RI ke-77, Bank Indonesia meluncurkan Uang Rupiah Kertas Tahun Emisi 2022.

Dalam Uang Rupiah Kertas Tahun Emisi 2022 ini uang Rupiah akan semakin mudah dikenali keasliannya, hadir dengan kualitas lebih baik yang menjamin masa edar lebih lama, dan teknologi unsur pengamanan yang semakin menyulitkan pemalsuan.

Bank Indonesia mengeluarkan Uang Rupiah Kertas Tahun Emisi 2022 ini sejalan dengan semangat perayaan HUT Kemerdekaan RI.

Baca Juga: JPU Tolak Pledoi Dewa Wiratmaja, Tetap Berpegang Pada Tuntutan 3,5 Tahun Penjara

“Seperti layaknya para pahlawan memperjuankan Kemerdekaan, uang Rupiah juga memiliki sejarah panjang sebagai alat pembayaran yang sah di seluruh wilayah Negara Kesatuan Republik Indonesia (NKRI) hingga menjadi seperti sekarang,” tulis akun Instagram resmi Bank Idonesia @bank_indonesia, Kamis, 18 Agustus 2022.

Bank Indonesia pun meminta masyarakat untuk mengenali Rupiah lebih dalam dengan memahami ciri dan keaslian Uang Rupiah Kertas Tahun Emisi 2022, yang terdiri dari:

1. Jika dilihat, aka nada gambar utama, nominal pecahan, benang pengaman, dan tinta berubah warna

Baca Juga: Polda Bali Ungkap Meninggalnya WNA Asal Peru yang Jadi Tahanan Narkotika

2. Jika diraba, akan terasa kasar pada bagian tertentu, serta akan dirasakan adanya kode tuna netra (blind code)

3. Jika diterawang, akan terlihat tanda air (watermark) dan electrotype, serta akan terlihat gambar saling isi (rectoverso)

Halaman:

Editor: Muhammad Khusaini


Tags

Artikel Pilihan

Terkait

Terkini

Terpopuler

Kabar Daerah

x