Ribuan Pengunjuk Rasa Serbu Kediaman Presiden di Sri Lanka

- 9 Juli 2022, 20:12 WIB
Ribuan pengunjuk rasa di kota Kolombo, Sri Lanka, menyerbu kediaman presiden  di tengah meningkatnya  seruan agar dia mengundurkan diri.
Ribuan pengunjuk rasa di kota Kolombo, Sri Lanka, menyerbu kediaman presiden di tengah meningkatnya seruan agar dia mengundurkan diri. /REUTERS/Dinuka Liyanawatte

RINGTIMES BALI - Ribuan pengunjuk rasa di kota Kolombo, Sri Lanka, menyerbu kediaman presiden dan mengambil alih kantor administrasinya di tengah meningkatnya seruan agar dia mengundurkan diri.

Di tengah krisis ekonomi, protes besar anti-pemerintah menyerukan agar Presiden Gotabaya Rajapaksa mundur, dengan puluhan ribu orang yang hadir pada hari Sabtu, 9 Juli 2022.

Polisi menggunakan gas air mata dan meriam air terhadap massa di beberapa tempat dan tembakan dilepaskan ke udara.

Baca Juga: Seorang Nenek Tewas Usai Diterkam Dua Anjing Pit Bull

Tetapi ketika massa tetap bertahan dan bergerak menuju kediaman resmi presiden, barikade dirobohkan dan mereka menyerbu ke dalam, banyak yang membawa bendera Sri Lanka dan meneriakkan slogan-slogan.

Menurut kementerian pertahanan, Rajapaksa telah dipindahkan dari rumah pada hari Jumat dan dibawa ke perlindungan militer atas kekhawatiran bahwa protes yang direncanakan akan meningkat. Lokasinya tidak diketahui di tengah desas-desus bahwa dia melarikan diri dari negara itu.

Kantor presiden di Galle Face di Kolombo juga diambil alih oleh ribuan demonstran, yang melanggar keamanan barikade dan menyerbu gedung.

Baca Juga: Seorang Ibu Diduga Sengaja Bakar Rumah dan Tinggalkan Putrinya Berusia 6 Tahun di Dalam Rumah

Selama berbulan-bulan Galle Face telah menjadi tempat kamp protes anti-pemerintah, di mana orang-orang telah tinggal di tenda-tenda dan menolak pindah sampai Rajapaksa mengundurkan diri.

Dilansir dari laman The Guardian, setidaknya 20 orang, termasuk petugas polisi, terluka dan dirawat di rumah sakit dalam protes hari Sabtu.

Halaman:

Editor: Annisa Fadilla

Sumber: The Guardian


Tags

Artikel Pilihan

Terkait

Terkini

Terpopuler

Kabar Daerah

x