Menlu Ukraina Dmytro Kuleba Akan Hadiri FMM G20 Secara Virtual

- 8 Juli 2022, 16:40 WIB
Menlu Ukraina Dymtro Kuleba.
Menlu Ukraina Dymtro Kuleba. /InfoPublik.id

RINGTIMES BALI - Ukraina mengkonfirmasi  menghadiri Foreign Ministers’Meeting (FMM) G20 secara virtual, yang diwakili oleh Menteri Luar Negeri (Menlu) Dmytro Kuleba.

Konfirmasi kehadiran Ukraina pada FMM G20 disampaikan oleh Co-Sherpa G20 Indonesia, Dian Triansyah Djani, melalui keterangan tertulisnya, Kamis 7 Juli 2022. 

G20 adalah sebuah platform multilateral strategis yang menghubungkan 20 ekonomi utama dunia dan memegang peran strategis dalam mengamankan masa depan pertumbuhan dan kesejahteraan ekonomi global.

G20 terdiri dari 20 negara dengan ekonomi terbesar di dunia, yaitu Indonesia, Rusia, Afrika Selatan, Amerika Serikat, Arab Saudi, Argentina, Australia, Brazil, India, Inggris, Italia, Jepang, Jerman, Kanada, Meksiko, Korea Selatan, Prancis, China, Turki, dan Uni Eropa.

Baca Juga: Undiksha Kerja Sama dengan PLN Terapkan EBT Jelang G20 di Bali

Dikutip dari InfoPublik.id, Dian menerangkan bahwa Menlu Ukraina Dmytro Kuleba tidak bisa hadir secara fisik dalam pertemuan yang berlangsung di Nusa Dua, Bali, pada 7-8 Juli 2022, karena alasan kesehatan.

“Tetapi kita cukup bangga bahwa pada saat Presidensi G20 Indonesia banyak menlu yang hadir secara fisik,” kata Dian.

Dirinya menambahkan bahwa kehadiran Menlu pada FMM G20 merupakan hasil diplomasi Indonesia yang memberikan kesempatan seluruh negara mengikuti acara FMM G20. 

Kehadiran seluruh menlu menjadi kebanggaan sendiri bagi Indonesia, meskipun tengah konflik antara Ukraina dan Rusia yang menjadi sorotan negara lain.

Baca Juga: Menteri Luar Negeri Kanada Akan Hadir di Pertemuan G20 di Bali

Halaman:

Editor: Muhammad Khusaini

Sumber: InfoPublik.id


Tags

Artikel Pilihan

Terkait

Terkini

Terpopuler

Kabar Daerah

x