Tawur Kesanga Nyepi di Ubud Dihadiri Langsung Koordinator Stafsus Presiden

- 3 Maret 2022, 20:14 WIB
Koordinator Stafsus Presiden AAGN Ari Dwipayana (kanan) mengikuti acara Tawur Kesanga di Ubud, Bali, Rabu 2 Maret 2022.
Koordinator Stafsus Presiden AAGN Ari Dwipayana (kanan) mengikuti acara Tawur Kesanga di Ubud, Bali, Rabu 2 Maret 2022. /ANTARA

RINGTIMES BALI – Pada acara pecaruan Tawur Kesanga di Catus Peta, Ubud, Bali, AAGN Ari Dwipayana selaku Koordinator Staf Khusus (Stafsus) Presiden RI turut hadir sebelum umat Hindu melaksanaan Catur Brata Penyepian.

Berdasarkan informasi resmi, acara ini berlangsung sejak 09.00 hingga 13.00 WITA. Acara ini juga dihadiri oleh sejumlah elemen masyarakat. 

Sementara itu, Ida Pedanda Gede Jungutan dari Grya Peling Delodan Pedang Tegal Ubaut dan Pedanda Budha Griya Sidemen menjadi pemimpin acara.

Baca Juga: Jokowi Ucapkan Nyepi, Serukan Masyarakat Selaraskan Niat, Pikiran, Menuju Indonesia Maju

Acara pecaruan Tawur Kesanga dilaksanakan di beberapa tempat di Ubud seperti di tingkat Kecamatan Ubud dan di enam desa Adat se-Kelurahan Ubud.

Desa adat itu adalah Desa Adat Ubud, Bentuyung, Junjungan, Tegallantang, Taman Kaja, dan Desa Adat Padangtegal.

I Wayan Suwija selaku Camad Ubud mengatakan bahwa tuuan upacara Tawur Kesanga adalah untuk harmonisasi dan penyucian alam serta isinya sehingga tercapailah keharmonisan alam menuju jagatdita yang diimpikan.

Baca Juga: Selama Perayaan Nyepi Penyeberangan Jawa, Bali, dan Lombok Ditutup Sementara

Dalam acara ini, ada prosesi penyerahan pinjaman motor listrik dari Deva Association pada Yayasan Bina Wisata Ubud untuk digunakan dalam mendukung patroli pecalang saat Hari Raya Nyepi.

Penyerahan pinjaman motor listrik ini sebagai bentuk perwujudan penggunaan energi yang bersih dan ramah lingkungan di kawasan Ubud.

Halaman:

Editor: Muhammad Khusaini


Tags

Artikel Pilihan

Terkait

Terkini

Terpopuler

Kabar Daerah

x