India Kerahkan 50 Ribu Tentara ke Perbatasan untuk Halau Gerakan China

- 30 Juni 2021, 17:35 WIB
India dikabarkan telah mengerahkan 50 ribu pasukan tentara tambahan ke perbatasan untuk menghalau semua gerakan China
India dikabarkan telah mengerahkan 50 ribu pasukan tentara tambahan ke perbatasan untuk menghalau semua gerakan China /Pixabay/Alejandra Santiago

RINGTIMES BALI – India telah mengerahkan sekitar 50 ribu pasukan tentara tembahan ke perbatasan untuk menghalau gerakan China.

India melakukan ini karena merupakan salah satu bentuk perubahan bersejarah menuju postur militer ofensif terhadap negara China.

Dilansir dari Bloomberg, pengerahan tentara India ke perbatasan merupakan cara terbaik untuk negaranya mewaspadai negara komuis pemilik ekonomi terbesar kedua di dunia.

Baca Juga: Pria India Usia 76 Tahun yang Punya 38 Istri dan 89 Anak Meninggal Dunia

Meskipun India dan China berperang di Himalaya pada tahun 1962, sekarang fokus India adalah Pakistan yang sudah berperang tiga kali di atas wilayah Kasmir yang disengketakan.

Tapi sejak pertempuran yang pernah dilewati India dan China dalam beberapa dekade lalu, membuat perdana Menteri Naredra Modi berusaha untuk meredakan ketegangan di antara kedua negara itu dan berkonsentrasi untuk melawan China.

Untuk itu, India selama beberapa bulan terakhir sudah memindahkan pasukan dan beberapa skuandron jet tempur ke tiga folus wilayah di sepanjang perbatasan wilayahnya dengan China.

5Baca Juga: Dewi Corona Mendadak Muncul, Warga India Minta Usir Pandemi Covid-19

Setidaknya sekarang India memliki sekitar 200 ribu tentara yang sudah ditempatkan di perbatasan negara dengan total peningkatan sebanyak 40 persen dari tahun lalu.

Halaman:

Editor: Muhammad Khusaini

Sumber: Bloomberg


Tags

Artikel Pilihan

Terkait

Terkini

Terpopuler

Kabar Daerah

x