Hoaks! Tidak Ada Internet Gratis dari Pemerintah, Ketua Mafindo: Jangan Percaya, Itu Situs Palsu!

- 24 Oktober 2020, 19:20 WIB
Hoaks! Tidak Ada Internet Gratis dari Pemerintah, Ketua Mafindo: Jangan Percaya, Itu Situs Palsu! /DialektikaKuningan.com/Erix Exvrayanto/

RINGTIMES BALI - Beragamnya jenis bantuan yang diberikan pemerintah kepada masyarakat ternyata dimanfaatkan sejumlah pihak.

Beredar suatu pesan berantai menyebutkan, bahwa Pemerintah mengadakan Program Internet Gratis untuk masyarakat Indonesia. Pesan ini beredar pada aplikasi pesan WhatsApp.

Menangapi hal ini, Ketua Masyarakat Anti Fitnah Indonesia (Mafindo) Septiaji Eko Nugroho memastikan bahwa informasi tersebut adalah berita bohong alias hoaks..

Baca Juga: Bikin Merinding, Ini 7 Hantu Terseram dan Berbahaya di Indonesia, Pernah Liat?

"Program internet gratis itu faktanya situs palsu," kata Eko Nugroho kepada RRI, Sabtu,24 Oktober 2020.

Ketentuan dalampesan tersebut, bagi masyarakat ingin mendapatkan internet gratis, diminta mengunjungi tautan situs di dalamnya. Nugroho mengatakan, bahwa situs tersebut adalah penipuan.

"Situs tersebut diduga modus penipuan upaya phising atau peretasan yang dapat bermula dari link atau situs tertentu jika sempat di-klik penerima pesan," kata ia.

Baca Juga: Surati Jokowi, Serikat Pekerja Rokok bakal Demo Besar_Besaran Jika Cukai Tembakau Naik Lagi

Ia mengimbau masyarakat supaya tidak percaya dengan kabar viral itu.

"Program berasal dari pemerintah adalah berupa kerja sama dengan operator telekomunikasi, dengan memberikan layanan internet gratis melalui platform dunia pendidikan. Jadi, masyarakat jangan mudah percaya dengan informasi tersebut," kata Eko.***

Halaman:

Editor: I GA Putu Yuliani Dewi

Sumber: RRI


Tags

Komentar

Artikel Terkait

Terkini

Terpopuler

Terpopuler Pikiran Rakyat Network

X