Waspada! ini Wilayah Terparah Kena Tsunami 20 Meter jika Terjadi di Selatan Jawa, Segini Kekuatannya

- 29 September 2020, 07:55 WIB
Mohon Waspada! Ini Wilayah Paling Parah Terkena Tsunami 20 Meter jika Terjadi di Selatan Jawa /pexels/koji kamei/

RINGTIMES BALI - Guru Besar Seismologi Institute Teknologi Bandung Sri Widiantoro menyampaikan hasil riset yang belum lama ini dipublikasikan bersama tim penelitinya. Dalam acara yang digelar secara virtual tentang implikasi gempa megathrust di Selatan Jawa, ilmuwan memprediksi wilayah yang parah jika terkena tsunami setinggi 20 meter di Selatan Jawa, karena masyarakat dimohon waspada.

Sri Widiantoro memberikan peringatan akan adanya potensi gempa yang dapat memicu terjadinya tsunami. Ia memprediksi gelombang tsunami dapat mencapai tinggi 20 meter di daerah selatan Banten.

Sebagaimana dimuat dalam artikel di Jurnalpresisi.pikiran-rakyat.com Ilmuwan Sebut Wilayah Paling Parah Terkena Tsunami Setinggi 20 Meter Jika Terjadi di Selatan Jawa, potensi ini muncul dikarenakan adanya zona aktif tektonik yang ada di Selatan Pulau Jawa sehingga dapat menimbulkan gempa berskala besar.

Baca Juga: Lihat Merchant Baru ShopeePay Minggu Ini untuk Sambut Gajian

Sri Widiantoro juga memaparkan hasil simulasi selama 3 jam dalam penelitiannya terkait terjadinya gempa megathrust dengan menggunakan model sumber gempa dari hasil inversi data GPS.

Hasil inversi data GPS menyebutkan bahwa pada periode ulang 400 tahun, tsunami yang terjadi akan mencapai tinggi 20 meter di sekitar selatan Banten dimana semakin ke Timur maka gelombang tsunami akan semakin kecil.

Namun, ia juga menjelaskan jika segmen sebelah timur ini pecah, maka tsunami di bagian timur bisa mencapai 12 meter.

Baca Juga: Resah Tsunami 20 Meter dan Gempa Bumi Megathrust, Tamu yang Nginap Pulang Lagi

"Untuk periode ulang 400 tahun, itu bisa menyebabkan tsunami setinggi 20 meter. Ini kira-kira di sekitar selatan Banten. Ke timur semakin kecil, tetapi jika yang pecah disebelah timur, segmen sebelah timur, maka bagian timur tsunaminya bisa mencapai 12 meter kira-kira di selatan," ujarnya

Sri juga menjelaskan, jika segmen sebelah timur dan barat ini pecah, maka segmen barat akan mencapai tinggi tsunami 20 meter dan segmen timur 12 meter dengan rata-rata gelombang tsunami di pantai selatan bisa mencapai 5 meter.

Halaman:

Editor: Tri Widiyanti

Sumber: Jurnal Presisi PR


Tags

Komentar

Artikel Terkait

Terkini

Terpopuler

Terpopuler Pikiran Rakyat Network

X