Peristiwa Penting di Tanggal 28 September, PBB Keluarkan Resolusi hingga Gempa 7,4 SR

- 28 September 2020, 07:15 WIB
Peristiwa Penting di Tanggal 28 September, PBB keluarkan Resolusi hingga Gempa 7,4 SR /pixabay

RINGTIMES BALI - Setiap harinya adalah hari yang nantinya tentu menjadi sejarah bagi generasi berikutnya. Berikut beberapa peristiwa penting yang terjadi di tanggal 28 September.

1.PBB Mengeluarkan Resolusi 1073

22 tahun yang lalu, tanggal 28 September 1996, Dewan Keamanan PBB mengeluarkan resolusi nomor 1073 yang meminta dihentikannya aksi pembuatan terowongan di bawah kompleks Masjid al-Aqsa yang dilakukan oleh rezim Zionis.

Semula, dalam konsep resolusi ini dicantumkan kecaman atas tindakan ilegal Zionis itu, namun atas campur tangan AS, kalimat kecaman tersebut dibuang.

Baca Juga: Hindari 7 Kesalahan Ini Saat Merawat Aglonema, Akibatnya Fatal

Pembuatan terowongan di bawah masjid al-Aqsa ini menimbulkan bentrokan berdarah antara tentara Zionis dan rakyat Palestina pada tanggal 23 September 1996. Bentrokan ini menewaskan ratusan rakyat Palestina. Meskipun DK PBB telah mengeluarkan resolusi, Israel tetap meneruskan pembangunan terowongan di bawah Masid al-Aqsa tersebut.

2. Peresmian Bendera Thailand 

Bendera Thailand yang bermakna, "bendera tiga warna" diresmikan pada 28 September 1917.Bendera ini menunjukkan lima jalur yang mendatar dengan warna merah, putih, biru, putih dan merah, dengan ukuran jalur biru yang ada di tengah dua kali lebih besar dari jalur-jalur yang lain.

Warna merah-putih-biru secara berurutan melambangkan "negara-agama-raja", semboyan tidak resmi negara Thai. 

Baca Juga: Lockdown Hero, Game Pembasmi Covid 19, Wajib Dicoba!

Halaman:

Editor: I GA Putu Yuliani Dewi


Tags

Komentar

Artikel Terkait

Terkini

Terpopuler

Terpopuler Pikiran Rakyat Network

X