Penting Diketahui! Ini Karakteristik Covid 19 dan Cara Mencegah Penularannya

- 5 Juli 2020, 09:31 WIB
Ilustrasi /

RINGTIMES BALI - Virus corona (covid 19) pertama muncul Wuhan tahun lalu. Penyebaran sangat cepat, hingga masuk ke Indonesia. Korbanpun berjatuhan, hingga saat ini belum bisa dihentikan, kasus penularan terus saja bertambah.

Lalu bagaimana sebenarnya karakteristik dan cara penularannya sehingga begitu cepat.? Ini yang perlu diketahui.

Virus corona (covid 19) disamping penularannya secara kontak langsung dengan orang terinfeksi covid 19, juga bisa penularan secara tidak langsung melalui benda-benda yang telah tercemar virus.

Baca Juga: Meningkat 13 Orang Pasien Sembuh, Positif Covid-19 Bertambah 29 Orang

Benda-benda bisa tercemar virus covid 19 karena benda tersebut sempat dipegang atau disentuh oleh orang yang terinfeksi virus covid 19. Bisa juga benda-benda tersebut sempat kena percikan bersin atau ludah orang terinfeksi. Jika benda-benda tersebut tersentuh oleh orang sehat, berpotensi tertular.

Virus corona bisa tertinggal di permukaan benda-benda dan memiliki daya tahan berjam-berjam bahkan hingga beberapa hari.

Menurut penelitian yang diterbitkan oleh Journal of Hospital Infection, Februari 2020, virus corona bisa bertahan di beberapa tempat dalam waktu tertentu, yakni di udara paling lama tiga jam, di tembaga dan aluminium tahan tiga sampai empat jam.

Baca Juga: Puluhan Wartawan Denpasar Jalani Rapid Test, Ini Hasilnya

Kemudian pada sarung tangan operasi atau alat medis bisa tahan hingga delapan jam, kertas karton atau kardus tahan selama 24 jam.

Halaman:

Editor: I Dewa Putu Darmada


Tags

Komentar

Artikel Terkait

Terkini

Terpopuler

Terpopuler Pikiran Rakyat Network

X