WASPADA, Tak Lagi Merah Kota Surabaya Kini Jadi Zona Hitam Covid-19

- 3 Juni 2020, 13:30 WIB
Peta penyebaran Covid-19 wilayah Jawa Timur

RINGTIMES BALI – Pandemi COVID-19 di Indonesia masih belum menunjukan titik terang bahwa akan berhentinya tingkat positif yang terus meningkat, hingga Provinsi Jawa Timur telah menggeser DKI Jakarta. Kenaikan kasus perhari positif covid-19 terbanyak sejak presiden Jokowi mengumumkan kasus pertama dan kedua pada 2 Maret 2020 lalu.

Kota Surabaya sudah beralih ke zona hitam . Ketua Rumpun Tracing Gugus Tugas Covid-19 Provinsi Jawa Timur, Dr Kohar Hari Santoso menganggapi penetapan Surabaya sebagai Zona Hitam ini.

"Sebetulnya belum hitam melainkan merah tua, lebih gelap dibandingkan daerah lain di Jatim" ujar Kohar.

"Jika indikator utama penetapan warna zona untuk kota Surabaya adalah jumlah pasien positif Covid-19, atau tingkat kepadatan dari pasien positif di kota Surabaya" lanjutnya, Senin (2/6/2020).

"Penetapan warna zona pada peta persebaran merujuk pada tingkat kepadatan pasien positif di daerah tersebut. Karena Surabaya paling banyak, jadi ya lebih gelap dari daerah lainnya," katanya.

Baca Juga: Meski Terdampak Covid-19, Bali United Beri Bantuan 20 Ribu Masker

Dirinya juga menambahkan bahwa indikator penetapan lainnya adalah jumlah kasus pasien positif di Surabayamencapai 54% dari total jumlah kasus di Jawa Timur.

Hitamnya warna penyebaran wilayah kota Surabaya saat ini ternyata tidak berpengaruh pada warga kota Surabaya. Ini bisa dilihat dari ramainya pengunjung di salah satu mall di Surabaya.

Indah (24), salah satu pengunjung mall mengaku bila dirinya bosan berada dirumah terus menerus.

Halaman:

Editor: Dian Effendi

Sumber: Portal Surabaya


Tags

Komentar

Artikel Terkait

Terkini

Terpopuler

Terpopuler Pikiran Rakyat Network

X