Polisi Benarkan Adanya Kabar FPI Bagikan Kaos dan Atribut PKI, Ini Faktanya

- 1 Juni 2020, 11:30 WIB
Berita Hoaks: Polisi Benarkan Ada Upaya dari FPI dalam Penyebar Kaos & Atribut PKI /.*/Foto Istimewa

Mantra Sukabumi - Tersiar kabar dari gambar hasil tangkapan layar sebuah artikel berita media online dengan judul “Polisi Benarkan Ada Upaya dari FPI dalam Penyebar Kaos & Atribut PKI”.

Gambar tangkapan layar tersebut beredar luas di media sosial

Setelah ditelusuri, ternyata gambar tangkapan layar tersebut merupakan gambar hasil editan.

Dalam pencarian berdasarkan kemiripan foto dan logo dari media online dalam gambar, ditemukan fakta bahwa artikel asli dari gambar tersebut adalah artikel berita milik tribunnews.com dengan judul “Polisi Benarkan Semarang Jadi Lokasi Penyebaran Kaus dan Atribut PKI”.

Baca Juga: Banyuwangi Tidak Komitmen, Puluhan Pendatang Ditolak Masuk Bali

 

Berita tersebut terbit pada Rabu, 11 Mei 2016, dimana dalam isi pemberitaan sama sekali tidak disebutkan nama organisasi FPI

Dalam berita asli-nya disebutkan informasi Kota Semarang menjadi satu di antara 14 kota di pulau Jawa yang menjadi lokasi penyebaran kaus, pin serta atribut Partai Komunis Indonesia.

Fakta sebenarnya, Informasi ini beredar setelah perayaan hari jadi PKI pada 9 Mei 2016 dan Kapolrestabes Semarang, Kombes Burhanudin, membenarkan informasi tersebut.

"Memang benar ada informasi terkait akan diedarkannya kaus dan atribut PKI di Kota Semarang," kata Burhanudin kepada wartawan di Polrestabes Semarang, Rabu (11/5/2016).

Halaman:

Editor: Dian Effendi

Sumber: Mantra Sukabumi


Tags

Komentar

Artikel Terkait

Terkini

Terpopuler

Terpopuler Pikiran Rakyat Network

X