Cek Faktanya, Megawati Soekarnoputri Potong Tumpeng di Meja Logo PKI

- 30 Mei 2020, 15:14 WIB
HOAKS Ketua Umum PDI Perjuangan (PDIP) Megawati Soekarnoputri sedang memotong tumpeng di atas meja berlogo PKI.* /Turn Back Hoax MAFINDO

RINGTIMES BALI – Telah beredar di media sosial sebuah foto memperlihatkan Ketua Umum PDI Perjuangan (PDIPMegawati Soekarnoputri sedang memotong tumpeng di atas meja berlogo PKI.

Setelah ditelusuri kebenarannya, ternyata informasi tersebut adalah hoaks atau masuk dalam kategori konten manipulasi.

Seperti yang dikutip Pikiranrakyat-bekasi.com dari situs resmi Kementerian Komunikasi dan Informatika RI (Kemenkominfo) Sabtu, 30 Mei 2020, awalnya informasi ini diunggah oleh akun Facebook Jarjit Khan pada Jumat, 29 Mei 2020. Dalam gambar itu seolah-olah PKI kembali muncul ke permukaan publik.

Baca Juga: Cek: Benarkah Dalang Penyebaran Skenario PKI Kembali Hidup Adalah FPI?

Artikel ini sebelumnya telah tayang di bekasi.pikiran-rakyat.com dengan judul Beredar Foto Megawati Soekarnoputri Potong Tumpeng di Atas Meja Berlogo PKI, Simak Faktanya

Setelah ditelusuri, klaim bahwa foto memperlihatkan Ketua Umum PDI Perjuangan (PDIPMegawati Soekarnoputri sedang memotong tumpeng di atas meja berlogo PKI, adalah salah.

Faktanya, foto itu kabar bohong lama yang kembali muncul di tengah masyarakat.

Merujuk situs cek fakta Turnbackhoax.id, foto ini sempat beredar pada awal 2017. Foto ini dipastikan hasil suntingan.

Baca Juga: Warga Buleleng Kaget Kuburan Keponakan Dibongkar Orang Misterius

"Menurut penelusuran Fanpage Indonesian Hoaxes, foto Presiden Joko Widodo dan Mantan Presiden Ke-5 Megawati Soekarnoputri memotong tumpeng di atas meja berlogokan PKI adalah rekayasa foto," kata keterangan Turnbackhoax.id dalam laporannya pada Senin, 20 Februari 2017.

Foto itu merupakan momen perayaan ulang tahun ke-41 PDIP di Kantor DPP PDIP, Lenteng Agung, Jakarta Selatan, Jumat 10 Januari 2014.

Megawati melakukan pemotongan tumpeng dan dibagi-bagikan kepada sejumlah tokoh PDIP.

Halaman:

Editor: Moh. Husen

Sumber: Pikiran Rakyat Bekasi


Tags

Komentar

Artikel Terkait

Terkini

Terpopuler

Terpopuler Pikiran Rakyat Network

X