Pacitan Diguncang Gempa 4,0 Magnitudo, BMKG Himbau Warga Tetap Tenang

- 27 Januari 2021, 14:00 WIB
Pacitan Diguncang Gempa 4,0 Magnitudo, BMKG Himbau Warga Tetap Tenang. /Pixabay/Tumisu

RINGTIMES BALI – Hari ini Rabu, 27 Januari 2021, gempa kembali mengguncang salah satu wilayah di Indonesia yaitu Pacitan Jawa Timur.

Dilansir Ringtimesbali.com dari akun Instagram @infoBMKG, 27 Januari 2021, gempa ini berjenis gempa tektonik yang terjadi pada pukul 04:07:42 WIB.

Kekuatan gempa yang tercatat sebesar Magnitudo 4.0. Dikatakan Badan Meteorologi Klimatologi dan Geofisika (BMKG) gempa ini terjadi akibat adanya aktivitas subduksi lempeng Indo Australia.

Baca Juga: Dentuman Misterius di Bali 20 Detik, Bukan Meteor Ataupun Gempa, Simak Selengkapnya

Dampak dari gempa yang terjadi hanya dirasakan di daerah Pacitan III MMI dan hingga saat ini belum ada laporan terkait dampak kerusakan akibat gempa tersebut.

 
 
 
View this post on Instagram
 
 
 

A post shared by BMKG (@infobmkg)

Gempa berkekuatan M 4.0 ini tidak berpotensi tsunami. BMKG juga mencatat bahwa hingga saat ini hasil monitoring BMKG belum menunjukkan adanya kemungkinan aktivitas gempa susulan.

BMKG merekomendasikan kepada masyarakat setempat agar tetap tenang dan tidak terpengaruh dengan kabar atau isu yang tidak dapat dipertanggung jawabkan kebenarannya atau disebut Hoax.

Baca Juga: Bali Berpotensi Hujan Lebat Januari-Februari, BMKG Imbau Warga Tidak Panik

Untuk menghindari bahaya kerusakan atau keretakan bangunan yang diakibatkan oleh gempa, sebaiknya periksa dan pastikan bangunan dalam kondisi baik.

Halaman:

Editor: Muhammad Khusaini


Tags

Komentar

Artikel Terkait

Terkini

Terpopuler

Terpopuler Pikiran Rakyat Network

X