7 Tips Jitu Mengatasi Kecemasan Saat Hamil, Simak Caranya

- 22 November 2020, 22:05 WIB
Ilustrasi ibu hamil. /Pixabay/Pexels/freestock.org

RINGTIMES BALI – kabar kehamilan positif yang diterima pasti membuat senang baik diri kita, pasangan, maupun keluarga. Namun, terkadang seiring perkembangan calon bayi yang membesar, rasa kecemasan pasti timbul.

Mengalami kecemasan bukanlah hal yang buruk, namun apabila kita terlalu cemas maka akan dapat mempengaruhi kehidupan sehari-hari kita bagi ibu hamil.

Penyebab kecemasan selama kehamilan yaitu adanya perubahan hormon selama kehamilan dapat memengaruhi bahan kimia di otak.

Baca Juga: Tips Agar Persalinan Normal bagi Ibu Hamil, Berikut Caranya

Beberapa tingkat kekhawatiran wajar terjadi selama kehamilan. Kecemasan ini mungkin timbul apabila masih pertama kali mengalami kehamilan ataupun pernah menghadapi situasi masa lalu seperti keguguran.

Biasanya, gejala kecemasan yang terjadi selama kehamilan yaitu merasakan rasa cemas yang tak terkendali, mengkhawatirkan hal-hal secara berlebihan, ketidakmampuan untuk berkonsentrasi, merasa kesal atau gelisah, dan memiliki otot yang tegang.

Terkadang, kecemasan ini dapat menyebabkan serangan panik. Serangan ini dapat terjadi secara tiba-tiba bersamaan dengan gejala di atas dan berlanjut.

Baca Juga: 8 Makanan yang Harus Dihindari Selama Masa Kehamilan

Selama serangan panik, gejala yang dialami mungkin sangat bersifat fisik sehingga dapat memperburuk kondisi ibu hamil.

Halaman:

Editor: Dian Effendi

Sumber: Healthline


Tags

Komentar

Artikel Terkait

Terkini

X