Cari Tahu Kesehatan Ususmu dengan Mengenal Bentuk Feses

- 22 November 2020, 20:00 WIB
Ilustrasi kenali kondisi kesehatan usus dari bentuk Feses //Pixabay.com/

RINGTIMES BALI - Usus menjadi salah satu organ yang paling penting dalam sistem pencernaan manusia.

Usus merupakan salah satu organ pencernaan yang memiliki berbagai fungsi, yaitu menyerap air dan nutrisi makanan yang kita konsumsi. Usus manusia terdiri dari usus halus dan usus besar.

Anatomi usus, usus halus terletak di antara lambung dan usus besar, terdiri dari usus dua belas jari (duodenum), usus kosong (jejenum) usus penyerapan (ileum). Sedangkan usus besar terdiri dari sekum, kolon, rektum dan anus.

Baca Juga: Selain Sebagai Penyedap Minuman, Daun Mint Dapat Atasi Sakit Gigi dan Obati Gangguan Pencernaan

Baca Juga: Penting, Berikut 4 Tips Menjaga Kesehatan Lambung

Pola hidup yang sehat yang mempengaruhi sistem pencernaan yang sehat pula. Kesehatan usus perlu dijaga dengan baik. Anda bisa mengecek sendiri bagaimana kondisi usus, melalui feses.

Dilansir dari ANTARA, kita perlu mengecek feses ketika buang air besar (BAB) . Karena, menurut Jacqueline Wolf selaku ahli gastroenterologi di Beth Israel Deaconess Medical Center, Boston, ada tujuh tipe feses mulai dari gumpalan keras hingga cair pertanda seseorang mengalami diare yang parah.

"Sebenarnya tidak ada bentuk tinja sempurna tetapi ada beberapa yang disebut tak sehat, yakni menggumpal seperti kotoran kambing, kerikil atau malah kental. Feses tipe ini biasanya menunjukkan orang mengalami sembelit," Ungkap Wolf.

Baca Juga: Mengenal Riwayat Penyakit Asam Lambung dan Ketahui Makanan yang Baik

Halaman:

Editor: Dian Effendi

Sumber: ANTARA


Tags

Komentar

Artikel Terkait

Terkini

Terpopuler

Terpopuler Pikiran Rakyat Network

X