5 Cara Menguji Madu Murni dan Palsu, Salah Satunya Mudah Uji dengan Ibu Jari

- 27 September 2020, 09:00 WIB
5 Cara Menguji Madu Murni dan Palsu, Salah Satunya Mudah Uji dengan Ibu Jari /PIXABAY/

RINGTIMES BALI - Siapa yang tak kenal madu? Madu merupakan salah satu alternatif yang bagus sebagai pengganti gula pasir.

Bahan yang dibuat oleh alam ini tidak hanya dapat memberikan rasa manis, tetapi juga kaya akan mineral, nutrisi, dan enzim.

Ada satu hal yang harus Anda perhatikan saat hendak membeli madu murni

Baca Juga: Lihat Merchant Baru ShopeePay Minggu Ini untuk Sambut Gajian

Yaitu pertimbangkan kemurniannya sebelum membeli. Karena kendala terbesar dari madu adalah tingkat kualitas kemurniannya.

Untuk mengetahui apakah yang Anda beli adalah madu murni dengan kondisi baik sangatlah tidak mudah. Seperti kebanyakan komoditas pangan lain, unsur pemalsuan sudah menjadi hal biasa.

Pembeli menjadi mudah tertipu karena madu komersial seringkali dicampur dengan larutan glukosa, sirup jagung fruktosa, dan bahan-bahan lain yang mungkin tidak ketahui.

Baca Juga: Pilih Transaksi Digital Selama Masa PSBB, Simak Cara Top Up ShopeePay

Adakalanya saat membuka toples madu dan terdengar suara letupan kecil yang menandakan bahwa madu tersebut palsu karena proses kemungkinan telah terjadi proses fermentasi di dalamnya.

Diketahui madu murni dengan kualitas terbaik berasal dari lebah dan langkah awal yang perlu dilakukan adalah dengan membaca label bahan.

Halaman:

Editor: Tri Widiyanti

Sumber: Portal Jember


Tags

Komentar

Artikel Terkait

Terkini

Terpopuler

Terpopuler Pikiran Rakyat Network

X