Kali Perdana, FPA Bali Gelar Musyawarah di Tengah Pandemi Covid-19

- 1 Juli 2020, 21:08 WIB
Musyawarah FPA Bali (MUSPA) I, Rabu, 1 Juli 2020 di Denpasarpasar /

RINGTIMES BALI - Forum Peduli AIDS (FPA) Bali untuk kali perdana melaksanakan Musyawarah FPA Bali (MUSPA) I, Rabu, 1 Juli 2020. Pertemuan yang digelar di ruang pertemuan PKBI Daerah Bali ini digelar dengan menggunakan protokol kesehatan pandemi Covid-19. Sebanyak 20 anggota FPA yang terdiri dari individu, lembaga swadaya masyarakat (LSM), dan komunitas ini mengenakan pelindung wajah, masker, dan tempat duduk pun dibuat berjarak.

Pandemi COVID-19 pun menjadi isu penting selama pertemuan tersebut selain agenda utama MUSPA I yaitu menetapkan dewan kehormatan kepengurusan FPA Bali periode 2020-2024 dan membahas penanggulangan epidemic HIV di tengah pandemi Covid-19.

Untuk merespon kondisi ini, maka dalam MUSPA FPA Bali kali ini juga membahas secara khusus penanggulangan AIDS di tengah Pandemi Covid 19 dengan nara sumber utama Prof. DR. dr. Ketut Tuti Parwati Merati, SpPD-KPTI, FINASIM, selaku pendiri cikal bakal FPA Bali sekaligus sebagai penemu I kasus HIV di Indonesia.

Baca Juga: Polisi Tidak Temukan Bukti Pelecehan Seksual Anak SD di Jembrana

Menurut dr. Tuti Parwati pandemi Covid-19 telah mengubah berbagai segi kehidupan, termasuk kehidupan sosial, ekonomi, politik, dan kesehatan.

“Di tengah pandemi Covid-19, penanggulangan epidemi AIDS memerlukan pendekatan dan strategi yang tepat, termasuk dalam kegiatan penjangkauan, perujukan, pelayanan kesehatan (pengobatan), dan pendampingan pasien HIV,” kata dr Tuti.

Menurut dr Tuti, pandemi Covid 19 telah mempengaruhi proses penanggulangan AIDS, termasuk proses pelayanan pengobatan bagi orang dengan HIV AIDS (ODHA). Jika dilihat dari data yang ada, hanya sebagian kecil ODHA terkena covid (sekitar 1%). Jadi risiko terkena COVID-19 adalah sama untuk semua orang.

Baca Juga: ASDP Ketapang Bantu 1.500 Rapid Test Untuk Pengemudi Truk Logistik

“Untuk itu, protap kesehatan (cuci tangan, pakai masker, jaga jarak) perlu ditaati oleh semua orang, agar terhindar dari Covid 19,” lanjutnya.

Halaman:

Editor: I Dewa Putu Darmada


Tags

Komentar

Artikel Terkait

Terkini

Terpopuler

Terpopuler Pikiran Rakyat Network

X