Yuk!!! Atasi Kadar Kolestrol Naik Setelah Kalap Makan di Hari Raya dengan 4 Cara Alami

- 23 Mei 2020, 07:30 WIB
Ketupat.*

 


RINGTIMES – Kolesterol diketahui bermanfaat dapat membantu menjaga dinding sel fleksibel dan diperlukan untuk membuat beberapa hormon.

Namun, seperti apa pun di dalam tubuh, terlalu banyak kolestrol atau kolestrol di tempat yang salah justru akan menimbulkan masalah kesehatan.

Apalagi disaat merayakan Idul Fitri, orang-orang biasanya akan terlalu banyak makan-makanan yang mengandung lemak atau yang dapat membuat kolestrol menjadi naik.

Dikutip dari lama Helathline, berikut ini cara alami untuk menurunkan kadar kolestrol setelah kalap makan saat Idul Fitri.

Baca Juga: Biskuit Khong Guan Viral, Netizen: Baru Tahun Ini Prank Rengginang Gak Ada

1. Jangan Merokok
Seperti yang kita ketahui merokok memang tidak baik bagi kesehatan tubuh, merokok tampaknya dapat meningkatkan lipoprotein buruk, menurunkan HDL dan menghambat kemampuan tubuh untuk mengirim kolestrol kembali ke hati untuk disimpan atau diuraikan.

2. Makanlah Serat Larut Air
Serat larut memelihara bakteri usus probiotik yang sehat dan menghilangkan kolestrol dari tubuh, mengurangi LDL (kolestrol buruk).

3. Menurunkan Berat Badan
Penurunan berat badan mengurangi kolestrol total, sebagian dengan mengurangi pembentukan kolestrol di hati.
Penurunan berat badan memiliki efek yang berbeda, meskipun secara umum bermanfaat pada HDL (kolestrasi baik) dan LDL dalam studi yang berbeda.

4. Coba Suplemen
Suplemen minyak ikan dan suplemen serat larut seperti psyllium meningkatkan kolestrol dan mengurangi risiko penyakit jantung.
Suplemen koenzim Q10 mengurangi kadar kolestrol total, tetapi tidak jelas apakah ini mencegah penyakit jantung atau tidak.

Halaman:

Editor: Dian Effendi

Sumber: Pikiran-Rakyat.com


Tags

Komentar

Artikel Terkait

Terkini

Terpopuler

Terpopuler Pikiran Rakyat Network

X