Bahaya Asam Urat Tinggi Dalam Tubuh Yang Wajib Diketahui

- 20 Februari 2021, 20:05 WIB
Bahaya asam urat tinggi dalam tubuh dapat menyebabkan penyumbatan aliran darah dan penumpukan kristal yang dapat menyebabkan penyakit ginjal /Pixabay/cnick


RINGTIMES BALI -
Asam urat sebenarnya dihasilkan tubuh secara alami untuk mengurai zat purin dalam makanan. Dalam kondisi normal, asam urat yang tidak terpakai akan langsung dibuang tubuh melalui urine dan feses. Bahaya asam urat terjadi ketika produksinya terlalu banyak dan ginjal tidak mampu membuangnya.

Bahaya tingginya kadar asam urat dalam tubuh dapat menyebabkan penyumbatan aliran darah oleh penumpukan kristal yang berasal dari asam urat. Aliran darah yang tersumbat mengakibatkan gangguan aliran menuju jantung. 

Baca Juga: Pantangan Bagi Penderita Asam Urat, Batasi 4 Makanan Tinggi Purin Berikut

Jika tidak segera diberikan obat asam urat, kristal padat ini dapat menyebabkan berbagai bahaya dan penyakit seperti kerusakan sendi hingga penyakit ginjal. Berikut ini adalah beberapa bahaya jika asam urat tinggi bagi tubuh dilansir Ringtimes Bali dari YouTube Medis Vids pada 20 Februari 2021.

Nyeri parah di persedian

Bahaya asam urat tinggi adalah nyeri parah di persendian.

Asam urat seharusnya dikeluarkan oleh ginjal, karena jika tidak, maka asam urat tersebut akan mengendap dan membentuk kristal asam urat yang tajam dan menempel di bagian persedian.

Baca Juga: Penurun Asam Urat, Segera Gunakan 4 Bumbu Dapur Berikut

Kristal ini lah yang menyebabkan nyeri tak tertahankan saat sendi digerakkan.

Menghambat aktifitas

Halaman:

Editor: Putu Diah Anggaraeni


Tags

Artikel Terkait

Terkini

Terpopuler

Terpopuler Pikiran Rakyat Network

X