Simak Ciri-ciri Orang Terkena Penyakit Ginjal, Jangan Sampai terlambat

- 24 Januari 2021, 12:00 WIB
Simak Ciri-ciri Orang Terkena Penyakit Ginjal, Jangan Sampai terlambat. /PEXELS/Andrea Piacquadio/.*/PEXELS/Andrea Piacquadio

RINGTIMES BALI - Banyak orang bilang sakit di area perut bagian belakang dan sering lelah itu bisa jadi gejala penyakit ginjal benarkah?

Atau Anda mungkin pernah mendengar jika menahan kencing bisa menyebabkan fungsi ginjal terganggu. Simak di artikel ini.

Ginjal adalah organ penting yang ada di dalam tubuh kita, jumlahnya ada dua. Fungsinya yang pertama adalah membuang sisa sampah metabolisme kita melalui urine. Kedua berfungsi untuk keseimbangan cairan dan elektrolit di dalam tubuh.

Baca Juga: Cegah Gagal Ginjal dengan 10 Makanan Sehat Terbaik

Ketiga ginjal berfungsi menjaga keasaman darah kita. keempat berfungsi untuk proses pematangan sel darah merah dan kelima fungsinya sebagai sintesis vitamin D dan terakhir untuk menjaga tekanan darah kita.

Lantas bagaimanakah ciri-cirinya orang kena penyakit ginjal ? Penurunan fungsi ginjal bisa terjadi secara akut atau secara kronik.

Akut artinya terjadi secara cepat dan mendadak dan kronik terjadi perlahan dan berkepanjangan. Untuk penurunan akut sifatnya bisa reversible (kembali normal) asal dilakukan tindakan yang tepat.

Baca Juga: 4 Makanan Jaga Kesehatan Ginjal, Salah Satunya Apel

Untuk yang kronik bersifat bertahap apabila sampai pada gagal ginjal terminal pengobatannya akan berkepanjangan.

Berikut hal-hal yang menyebabkan penurunan fungsi ginjal:

Halaman:

Editor: Muhammad Khusaini


Tags

Komentar

Artikel Terkait

Terkini

Terpopuler

Terpopuler Pikiran Rakyat Network

X