12 Makanan Pemicu Sakit Ginjal, Hindari Telur dan Keju

- 20 Januari 2021, 06:30 WIB
12 Makanan Pemicu Sakit Ginjal, Hindari Telur dan Keju /pexels.com/pixabay

RINGTIMES BALI – Ginjal adalah salah satu organ tubuh yang sangat penting. Penyakit ginjal yang sering terjadi sangat membahayakan bahkan bisa menyebabkan kematian.

Penyakit ginjal terjadi jika ginjal tidak menjalankan fungsinya dengan baik yakni menyaring kotoran dan racun dalam darah kemudian mengeluarkannya sebagai urin. Ada banyak faktor yang bisa menyebabkan masalah pada ginjal salah satunya makanan.

Baca Juga: Kenali 11 Tanda Gagal Ginjal, Penyakit yang Merenggut Nyawa Ibunda Denny Cagur

Penderita penyakit ginjal biasanya harus mengurangi makanan dengan kandungan karbohidrat, kalium, dan protein yang tinggi. Meski diet bagi penderita penyakit ginjal harus dikonsultasikan dengan dokter, ada beberapa makanan yang umumnya  harus dihindari.

Penderita penyakit ginjal harus menjaga asupan makanan agar kondisi tidak semakin parah. Sebagaimana dikutip RINGTIMES BALI dari video yang diunggah kanal YouTube Swardi Rambe Channel, berikut makanan yang harus dihindari.

1. Nasi

Nasi adalah karbohidrat utama bagi Sebagian orang, ada kebiasaan yang menganggap belum lengkap jika makan tanpa nasi. Namun penderita penyakit ginjal sebaiknya menghindari konsumsi nasi.

Nasi bukan karbo yang cocok bagi orang yang mengalami masalah ginjal. Nasi mengandung gula yang menimbulkan rasa haus saat mengonsumsinya.

2. Kentang

Sama seperti nasi, kentang membuat orang yang memakannya ingin mengonsumsi banyak air. Padahal bagi penderita penyakit ginjal, jumlah mineral yang masuk ke tubuh sangat dibatasi.

Halaman:

Editor: I GA Putu Yuliani Dewi


Tags

Komentar

Artikel Terkait

Terkini

Terpopuler

Terpopuler Pikiran Rakyat Network

X