7 Tips Mencegah Kanker Payudara, Salah Satunya Hindari Pil KB

- 14 Januari 2021, 08:15 WIB
7 Tips Mencegah Kanker Payudara, Salah Satunya Hindari Pil KB. /Pexels/Anna Tarazevich

RINGTIMES BALI - Kanker payudara merupakan kanker paling umum yang terjadi pada kaum wanita. Meskipun begitu, kanker ini juga bisa terjadi pada pria. Terdapat beberapa tips efektif untuk mencegahnya.

Kanker ini timbul ketika ada pertumbuhan abnormal sel kanker payudara yang membelah dengan lebih cepat dan mulai menumpuk untuk membentuk benjolan di payudara.

Seperti yang dilansir laman Healthline, kanker payudara adalah kanker yang berkembang di sel payudara dan biasanya terbentuk di lobulus atau kelenjar penghasil susu ataupun di duktus (saluran) yang membawa air susu dari kelenjar ke puting susu.

Baca Juga: Pemakaian Ukuran Bra yang Salah Dapat Sebabkan Kanker Payudara Bagi Wanita

Selain itu, kanker ini juga dapat timbul di jaringan lemak atau jaringan ikat di dalam payudara. Munculnya kanker ini bisa berasal dari beberapa faktor seperti gaya hidup, lingkungan, dan faktor genetik tertentu yang meningkatkan risiko kanker payudara.

Akan tetapi, faktor genetik tidak dapat diubah, berbeda dengan faktor gaya hidup yang dapat dimodifikasi untuk mencegah dan menurunkan risiko kanker payudara.

Dilansir dari laman Boldsky, berikut beberapa tips efektif untuk mencegah risiko kanker payudara diantaranya:

Baca Juga: Deteksi Kanker Payudara Sejak Dini, Begini Gejala dan Penyebabnya

1. Aktif olahraga

Dengan melakukan olahraga secara fisik memberikan peran utama dalam terapi kanker payudara. Aktivitas fisik sedang harian harus dilakukan penderita kanker payudara yaitu selama 45 hingga 60 menit sehari selama 5 hari seminggu.

Halaman:

Editor: Muhammad Khusaini

Sumber: Bold Sky, Healtline


Tags

Komentar

Artikel Terkait

Terkini

Terpopuler

Terpopuler Pikiran Rakyat Network

X